Pentingnya edukasi wabah COVID-19 kepada para pelajar





Oleh Santi Hartini

Pentingnya edukasi wabah COVID-19 kepada para pelajar

Semenjak wabah Corona Virus Disease 19 memasuki Negara Indonesia di awal tahun 2020 ini banyak sekali pemberitaan mengenai virus yang katanya berasal dari Wuhan China ini, berbagai media mulai dari televise, cetak dan online memberitakannya dan tak banyak juga berbagai berita HOAX juga banyak bertebaran sehingga menambah keresahan masyarakat.

Disini perlunya edukasi dengan baik melalui media yang terpercaya, dan kita selaku konsumen media pun harus pintar-pintar meilih dan memilah berita seperti apa yang memang benar adanya ataupun berita mana yang memang HOAX atau berita bohong. Dalam mencerna berita ternyata tidak tergantung pada usia audience-nya akan tetapi terletak pada taraf pemikirannya, tak banyak orang dewasa bahkan orang tua yang sebetulnya melek IT tapi masih terbawa berita HOAX. Dan dengan cepatnya membagikan berita tersebut diberbagai grup online-nya.

Maka disini saya sebagai seorang pengajar yang dilatar belakangi pendidikan informasi teknologi yang merasa memiliki kewajiban untuk memerangi berita HOAX dan memberikan edukasi sebaik-baiknya terhadap siswa dan siswi di sekolah, selain itu juga terhadap semua orang disekitar saya. 

Mengapa target saya diutamakan adalah siswa dan siswi sekolah? Hal ini dikarenakan mereka masih berkembang pola pikirnya dan masih mau menerima masukan yang beragam, sehingga dalam proses memilih dan berpikir logika lebih mudah untuk diarahkan, dan juga memiliki banyak alternative solusi untuk mengatasi berbagai masalahnya. Sehingga selalu saya ingatkan kepada mereka untuk melakukan langkah-langkah berikut :

1.       Dibaca dengan baik-baik semua berita yang didapatkan.
2.       Dipikirkan dengan seksama keterkaitan berita tersebut dengan kondisi yang sedang berlangsung, apakah masuk akal atau tidak.
3.       Mencari sumber lain mengenai berita yang didapatkan melalui Google atau mesin pencarian lainnya dan situs online terpercaya.
4.       Mengecek berita melalui media televisi terpercaya, karena penayangan berita di media televisi tingkat akurasinya tinggi karena sudah ada perundang-undangannya.
5.       Jangan cepat-cepat membagikan berita yang belum tentu benar keberadaannya, karena bisa jadi kalianlah nanti yang menjadi pelaku penyebaran HOAX yang kali ini sudah di atur dalam UU ITE.

Dengan ini diharapkan setiap siswa dan siswi tersebut dapat menularkan pengetahuan tersebut ke orang-orang disekitarnya sehingga dapat menyeluruh bersama-sama memerangi HOAX.
Kemudian untuk edukasi mengenai covid-19 mari kita bersama-sama menjadi warganet yang cerdas dan bijak dalam mengolah berita yang beredar dan tidak cepat panik. Karena wabah ini bisa kita hadapi bersama, tetap selalu update perkembangannya melalui media terpercaya yang telah ditunjuk pemerintah contoh untuk jawa barat adalah melalui situs www.pikobar.go.id. Selama kita mengetahui pencegahan, gejala dan penanganannya kemudian selalu waspada maka insyallah kita semua akan terhindar dari segala macam bencana. Selalu hidup sehat jangan lupa selalu cuci tangan.


#BPNRamadan2020
#bloggerperempuan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi