Berkreasi dengan masker untuk kesehatan


Oleh Santi Hartini

Sudah hampir 2 bulan niih dampak dari wabah covid 19 ini telah mengubah banyak hal dalam siklus keseharian setiap masyarakat Indonesia, yang paling terasa adalah mengenai pembatasan keluar rumah dan menghindari kerumunan karena hal tersebut adalah hal yang paling sulit diterapkan.

Selain itu juga banyak para penimbun yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan keuntungan pribadinya saja, harusnya memikirkan kebersamaan demi keluar dari wabah ini tapi ini malah memanfaatkan situasi dengan menjual barang-barang yang dibutuhkan seperti masker, hand sanitizer, cairan disinfektan dan alat pelindung diri untuk menghindari penularan virus corona dengan harga yang melambung tinggi (mahal). Dan para penimbun ini tahu persis situasi masyarakat di negara kita ini dipenuhi dengan kecemasan dan ketakutan yang berlebihan ditambah lagi edukasi yang kurang dan berita hoax cepat menyebar, sehingga menjadi sasaran empuk untuk mengeruk keuntungan.

Akan tetapi sekarang ini sudah dikemukakan berbagai kebijakan pemerintah untuk menanganinya yaitu dengan pembagian masker gratis dan disediakannya sanitizer dan disinfektan gratis, bahkan sampai dapat memproduksi  masker dengan mandiri, cepat dan tentunya tidak melalaikan prosedur yang benar dalam pembuatannya.

Kemudian para masyarakat kreatif juga mereka bergerak dan berkreasi dengan membuat masker yang terbuat dari bahan kain yang bermacam-macam jenisnya untuk dijahit dan dijadikan masker. Karena ada himbauan bahwa masker medis 1x pakai diusahakan untuk penggunaan para tenaga medis yang sedang berjuang untuk merawat para penderita wabah ini. Dengan berkembangnya kreatifitas masyarakat dalam membuat masker ini maka tercipta banyak sekali varian masker tersebut, mulai dari jenis kain, warna dan motif sampai dengan masker yang diperuntukan buat anak-anak yang lucu-lucu gambarnya. Sehingga penggunaan masker kain ini menjadi fashion tersendiri ditengah-tengah kondisi social distancing, kita juga bisa membuat masker sendiri sesuai keinginan kita dengan bahan dan alat yang ada, ataupun melalui market place online banyak sekali yang menjual macam-macam masker kain dengan harga yang masih sangat terjangkau.

Hal-hal di atas dinilai sangat efektif memdorong para masyarakat untuk berkeinginan mamakai masker semasa pandemic ini. Semoga dengan telah mengetahui fungsi dari penggunaan masker ini kita semua terhindar dari virus corona ini. Dan untuk saudara yang dinyatakan positif terjangkit virus corona agar terap semangat dan selalu termotivasi untuk sembuh, karena kekuatan penyembuhan setelah doa adalah dari diri kita sendiri.


@bloggerperempuan
#day5 #bpnramadan2020
#bpn30daychallenge

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi