Betah #dirumahaja

Oleh Santi Hartini


Lets stay at home everyone, masa-masa di rumah aja diperpanjang lagi ya, kabar baik atau kabar buruk?

Akan muncul berbagai jawaban dari macam-macam kalangan dan profesi, baik dan buruknya untuk saat ini jangan diperdebatkan dulu ya yang penting tuntas dulu nih si covid 19 dari negara kita, sementara ada negara yang sudah lulus dari cobaan ini dan memulai memberhentikan masa #dirumahaja. So kita juga harus optimis ya bahwa semua ini pasti akan berlalu.

Sesuai himbauan pemerintah untuk setiap dari kita stay at home atau di rumah aja, tidak keluar rumah kecuali untuk hal yang penting. Tapi apakah di rumah aja ini sesuatu hal yang mudah dilakukan dengan segala keterbatasan ruang di rumah, belum lagi apabila yang sudah punya anak yang bersekolah maka anak ini pun aka terus menerus ada di rumah sepanjang waktu, sementara tingkat kebosanan pada anak lebih tinggi karena belum bisa mengendalikannya. Akan tetapi tidak ada tawar menawar disini, dan semua harus betah di rumah aja untuk sementara waktu ya.

Sebetulnya banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan agar betah di rumah, hanya saja memang karena tidak terbiasa maka bagi sebagian orang menjadi agak repot untuk dilakukan dan dipersiapkan. Ada banyak contoh kegiatan untuk mengisi di rumah aja seperti yang sudah pernah saya lakukan adalah :
- Membuat permainan bersama anak seperti menyusun Lego, bermain UNO, belajar memasak camilan, menonton film, mewarnai, membuat hasta karya dan kegiatan belajar lainnya.
- Yang melibatkan gadget seperti menonton film bersama, bermain game edukasi, membuat video blog, menulis artikel atau puisi yang kemudian bisa si upload ke dalam situs blog, mencoba berjualan online ataupun belanja online tentunya sesuai kebutuhan.
- Berolahraga ringan agar tubuh tetap bugar, seperti senam sederhana yang bisa didapatkan di internet.
- Membersihkan rumah dari debu dan mensortir barang yang sudah tidak terpakai, kemudian mendesign rumah agar tidak membosankan.
- Menghubungi beberapa teman atau saudara untuk berbincang melalui voice call, video call confrence ataupun bermain.game online bersama untuk bercangkrama membuang rasa bosan.
- Surfing di internet dan jangan lupa selalu update informasi.

Beberapa kegiatan diatas hanya sebagian kecil yang mudah mudahan dapat memberikan ide untuk berkegiatan di rumah. Dan masih banyak lagi macam kegiatan yang bisa dilakukan, banyak yang bilang kalau masa #dirumahaja ini kita harus selalu produktif menghasilkan sesuatu akan tetapi jangan dipaksakan juga karena itu dikembalikan pada diri masing masing kalaupun bisa produktif itu bagus untuk dirinya sendiri dan apabila ternyata sulit maka dengan dirumahaja mengikuti himbauan pemerintah itu juga sudah sangat membantu dalam proses menghentikan penyebaran virus corona ini. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup sehat.


@bloggerperempuan
#day7 #bpnramadan2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi