Kendala penerapan social distancing pada masa darurat Covid 19


                             
                                Oleh Santi Hartini

Bagaimana hari demi hari kalian saat #dirumahaja ??

Semoga semua selalu menjaga kesehatan dengan baik ya, jangan lupa untuk selalu update informasi walaupun di rumah aja tapi harus selalu produktif.

Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas sedikit nih mengenai berbagai pencegahan yang dapat kita lakukan untuk menghentikan wabah virus corona ini. Salah satunya yang akan kita bahas sekarang adalah mengenai himbauan social distancing

Social distancing adalah pembatasan sosial atau menjaga jarak untuk pengendalian dan memperlambat penyebaran penyakit. Dan upaya ini juga sekarang diterapkan sebagai salah satu pencegahan penyebaran virus corona. Dengan diterapkannya social distancing ini diharapkan virus corona yang dapat menular melalui media di tempat umum bisa mati dengan sendirinya tanpa berpindah ke manusia. Akan tetapi penerapan social distancing ini ternyata tidak semudah itu langsung dilaksanakan serempak oleh semua masyarakat indonesia sesuai himbauan pemerintah, ada banyak sekali kendalanya sehingga hanya ada beberapa daerah yang benar-benar melaksanakannya.

Beberapa kendala ini kebanyakan berdasarkan dari tingkat ekonomi daerahnya dan juga tingkat terjangkitnya virus corona di daerah tersebut. Seperti contohnya di kota-kota besar yang tingkat mobilitasnya tinggi maka di daerah tersebut diwajibkan untuk melakukan social distancing dengan disiplin walaupun sangat berdampak pada kegiatan sehari-hari sampai dengan kepada tingkat penghasilan seseorang atau profesi tertentu. Akan tetapi untuk daerah atau kota kecil social distancing ini masih saja terlihat beberapa keramaian seperti hari-hari biasa karena mungkin dari tingkat terjangkitnya pun rendah. Dan untuk para pedagang yang memang mengandalkan penghasilan sehari-harinya dari pembeli di sekolahan, di jalan ataupun di tempat berkumpul komunitas tertentu maka social distancing ini betul- betul berpengaruh terhadap mereka dengan menurunnya tingkat penghasilan.

Akan tetapi semua itu dikembalikan lagi terhadap rasa kepedulian dan kesadaran kita untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran virus corona ini, dan juga mengikuti himbauan pemerintah agar negara kita cepat pulih kembali sehingga kita dapat beraktifitas bebas seperti biasanya lagi.


@bloggerperempuan
#bpnramadan2020
#day5bpnramadanchallenge


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi