Menebar Kebaikan Dengan Berbagi Perlengkapan Sekolah Bagi Siswa Siswi yang membutuhkan

Berbagi bersama siswa siswi
Oleh
Santi Hartini

Ada banyak cara berbagi terhadap sesama manusia di muka bumi ini, karena dengan berbagi maka kita dapat menebar kebaikan sekaligus menebar kebahagiaan. Sebagai contoh menebar kebaikan yang paling mudah adalah dengan saling menyapa dan menebar senyuman. Kemudian cara menebar kebaikan lainnya adalah dengan berbagi kepada sesama manusia yang membutuhkan agar sesama yang kita bagi tersebut merasakan tercukupi kebutuhannya walaupun hanya sedikit saja tapi bagi mereka adalah sesuatu yang besar.

Di sini saya akan mengambil contoh yaitu berbagi dengan para siswa siswi di sekolah saya sesuai dengan profesi saya sebagai pengajar, yaitu dengan membagikan perlengkapan sekolah bagi yang membutuhkan, ada banyak jenis perlengkapan sekola mulai dari seragam sekolah, sepatu, tas dan alat tulis lainnya. Karena sekolah saya adalah sekolah negeri yang terletak cukup jauh dari pusat kota dan termasuk sekolah terpencil karena lokasinya diantara pegunungan, sehingga latar belakang ekonomi para siswanya pun tidak seperti di sekolah perkotaan. Kegiatan berbagi ini ada beberapa cara, yaitu memang terprogram dari pihak sekolah dengan nama siswa siswi tertentu yang sebelumnya sudah dilakukan pendekatan dan mengenali latar belakang ekonomi keluarganya sehingga akan dikategorikan siswa mana saja yang benar-benar membutuhkan, kemudian cara yang lainnya adalah dari pribadi seorang pengajar atau gurunya sendiri yang memang tergerak untuk membantu tanpa dibebankan kepada pengeluaran sekolah sehingga guru tersebut memang berniat membantu dengan khusus mengeluarkan dana pribadinya, tidak ada kewajiban untuk itu hanya saja kesadaran pribadi setiap orang saja. Dengan membagian alat-alat seperti disebutkan di atas tadi mereka sudah sangatlah senang dan merasa terbantu serta memberikan motivasi untuk mereka terus bersekolah dengan rajin.

Kebaikan berbagi tersebut sebetulnya akan lebih baik apabila tidak kita umumkan atau publikasikan, karena beramal atau sodakoh itu bukan untuk pamer karena akan masuk kedalam perbuatan riya yaitu salah satu perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Ada istilah "Apabila tangan kanan memberi maka tangan kiri kita tidak usah tahu" dimana apabila kita sudah niat ingin berbagi maka lakukanlah dengan ikhlas karena Allah SWT bukan untuk dinilai baik oleh sesama manusia. Amalan berbentuk zakat atau sodakoh pada jaman sekarang dapat dilakukan melalui berbagai cara selain bertemu langsung dengan seseorang yang akan kita bagiakan, yaitu melalui aplikasi atau website seperti Dompet dhuafa disana kita disajikan berbagai informasi mengenai cara berbagi dan menebar kebaikan terhadap sesama, sebagai upaya bahwa untuk berbagi tidak ada halangan jarak dan waktu dimana kita sudah niat maka akan selalu ada jalan untuk mewujudkannya.

Kemudian selain berbagi dengan lingkungan sekitar adapun kewajiban kita sebagai seorang muslim yaitu dengan menunaikan zakat pada bulan Ramadhan untuk menyempurnakan amalan ibadah kita di bulan Ramadhan ini, zakat tersebut sudah ada aturannya dalam agama Islam maka kita sebagai umat muslim wajib menjalankannya tentunya apabila mampu.

Dan menebar kebaikan itu tidak hanya dilakukan terhadap sesama manusia saja, akan tetapi terhadap seluruh makhluk hidup ciptaan Allah SWT haruslah berbuat baik seperti menjaga lingkungan hidup agar selalu asri dengan merawat tumbuh-tumbuhan, kemudian tidak melakukan penyiksaan terhadap hewan dengan sengaja. Mari kita jaga semua itu agar keberlangsungan hidup semasa di alam dunia ini pun berjalan sehat, baik dan selalu positif.

Terima kasih telah menyimak artikel saya semoga kita semua dapat menebar kebaikan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi