Simpati dan empati pada masa darurat Covid19 untuk kemanusiaan

Oleh Santi Hartini


Tahun 2020 adalah tahun yang akan menorehkan memory tersendiri pada setiap orang, selain susunan angkanya yang cantik juga disebabkan karena adanya pandemi wabah Corona yang memasuki Indonesia. Kejadian ini secara langsung mempengaruhi siklus hidup manusia di berbagai negara di seluruh dunia. Dengan berbagai informasi mengenai wabah tersebut, pengenalan gejala, penanganan dan pencegahan sampai dengan berbagai himbauan pemerintah untuk menangani wabah covid 19 ini.

Di berbagai belahan dunia sekarang ini sedang mengalami posisi yang sama, kondisi negara dan perekonomian pun terguncang. Di Indonesia negara kita tercinta khususnya dengan menerapkan social distancing, di rumah aja, rajin mencuci tangan, menggunakan masker sampai dengan himbauan untuk tidak mudik ke kampung halaman. Hal tersebut tidaklah mudah diterapkan karena rakyat Indonesia tidak semuanya berprofesi sama, bagi profesi tertentu seperti pedagang kecil dengan adanya penerapan tersebut sangatlah berpengaruh terhadap penghasilan seharu-hari.

Dengan berbagai profesi yang ada di Indonesia ini maka semakin terlihat profesi mana saja yang memang membutuhkan perhatian khusus dari pemerintahan dan juga masyarakat sekitar yang tidak terdampak langsung oleh diterapkannya kebijakan tersebut.

Dan perhatian khusus ini pun harus lebih banyak diberikan kepada para tenaga medis yang memang sudah menjadi tanggung jawab mereka untuk merawat dan mendampingi pasien selama sakit, akan tetapi dengan kategori virus covid 19 ini para tenaga medis sangat rentan tertular sehingga mereka membutuhkan berbagai peralatan khusus untuk merawat pasien yang positif corona. Selain menyediakan berbagai fasilitas untuk perawatan juga disediakan APD (Alat pelindung diri) untuk para tenaga medis, bantuan yang sekarang ini banyak dilakukan berbagai penggalangan dana yang di pelopori oleh Artis, selebgram dan juga pejabat pemerintahan sampai dengan orang biasa yang penuh keikhlasan membantu sesama.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu sesama yang terdampak wabah corona ini, contohnya secara kecil-kecilan dan di sekitara  lingkungan sendiri dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara bergotong royong, membagikan masker kepada orang-orang yang membutuhkan seperti para pedagang di jalan yang memang mereka terpaksa berada di jalan memang untuk mencari rejeki, menjaga pola hidup sehat dan menularkannya kepada orang lain bisa via online di internet. Dan
masih banyak lagi berbagai cara untuk membantu sesama.

Kali ini kita tidak hanya harus memiliki rasa simpati saja, tetapi juga rasa empati yang mendalam sehingga dengan merasakan hal tersebut kita lebih termotivasi untuk berbuat hal yang positif lebih banyak lagi.

Mari kita semua rakyat Indonesia bahu membahu untuk mengembalikan Indonesia kita yang asri, sehat dan bermartabat, dengan hidup sehat, teredukasi wabah corona dan jangan lupa peduli sesama untuk kemanusiaan.



@bloggerperempuan
#bloggerperempuan
#bpnramadan2020


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi