Hikmah bulan Ramadhan ditengah pandemi Covid 19

Oleh Santi Hartini

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini menjadi berbeda dikarenakan wabah virus corona yang menyebar di seluruh dunia. Bersyukur di negara kita negara Indonesia wabah ini tidak menyebar parah seperti di negara italia atau negara lainnya, grafik penderita dan yang meninggal mudah-mudahan bisa ditekan lagi dengan diterapkannya PSBB di setiap daerah, dan juga dengan dukungan seluruh masyarakat dengan mentaati aturan pemerintah tersebut. Mungkin hal ini terjadi adalah sudah menjadi ketetapan dari Allah SWT sehingga kita tetap harus menjalaninya dengan ikhlas dan tawakal.

Selalu yakin bahwa disetiap kejadian yang terjadi di dalam kehidupan ini pasti mengandung makna dan berdampak positif dan adapun yang negatif. Sehingga kita harus bersiap untuk menghadapinya terutama yang berdampak negatif karena tidak semua orang bisa menanganinya.

Tapi tanamkan selalu dalam pikiran kita untuk selalu berpikiran positif karena dengan berpikiran positif maka kita akan menemukan makna dan hikmah yang baik pula untuk kehidupan kita. Seperti sekarang ini kita berpuasa dalam kondisi PSBB dikarenakan wabah covid 19, sebetulnya ada hikmah dibalik semua ini diantaranya adalah :

1. Lebih banyak waktu di rumah sehingga bisa kita isi dengan kegiatan ibadah sunah dirumah seperti membaca Al Quran dan berdzikir.

2. Lebih banyak waktu bersama keluarga dan bisa mengajari dan membimbing anak-anak kita untuk berkegiatan dan mempelajari agama.

3. Lebih menghargai waktu, dengan di rumah aja kita tahu dan mengerti pentinya memanfaatkan waktu dengan baik terutama waktu untuk bersilaturahmi dengan saudara dan kerabat lainnya.

4. Dapat memanfaatkan waktu untuk mengeksplorasi diri kita, bisa menekuni hal-hal baru dan menumbuhkan kreatifitas diri.

Yang disebutkan diatas hanya beberapa saja, selain itu masih banyak sekali hikmah lainnya yang dapat kita petik dari kondisi sekarang ini. Dengan berpikiran positif otomatis tubuh kita akan selalu sehat dan didukung oleh asupan makanan yang baik dan olahraga ringan secukupnya.

@bloggerperempuan
#day20 #bpnramadan2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi