Kegiatan sambil menunggu buka puasa Ramadhan

Oleh
Santi Hartini

Walaupun di bulan puasa Ramadhan tahun ini adalah bulan puasa Ramadhan yang paling berbeda sepanjang masa karena bersamaan dengan masa masa karantina wabah covid 19, sehingga dari sebelumnya pun kita sudah dihimbau untuk #dirumahaja, akan tetapi kita tetap harus menjaga kesehatan diri kita dan lingkungan sekitar kita. Harus tetap bugar agar puasa dan ibadah yang kita jalankan mendapat hasil yang terbaik.

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengisi waktu puasa di bulan Ramadhan ini agar tidak terasa haus dan lapar, terutama bagi para anak anak yang masih belajar untuk melaksanakan puasa penuh sampai dengan waktu Maghrib tiba, agar tidak selalu kita isi dengan tidur siang terus menerus, walaupun memang katanya tidurnya orang berpuasa merupakan ibadah tapi tidak juga kita lakukan sepanjang hari terus menerus karena hal tersebut tidak sehat terhadap tubuh kita, malah tubuh kita akan terasa lemas dan pegal pegal. Ayo bangun bergerak dan beraktivitas, seperti contohnya mulai memilah milah barang-barang di rumah mana yang masih dipakai dan mana yang sudah tidak terpakai sehingga sebagian juga dari bersih-bersih perabotan rumah. Kemudian mengajarkan anak beberapa hal kegiatan rumahan seperti membereskan lemari bajunya sendiri dengan merapikan dan melipatnya ulang. Lalu menjelang sore lakukan olahraga ringan yang menyenangkan seperti bermain bulutangkis di halaman rumah, membantu menyiapkan untuk berbuka puasa.

Hal yang paling menyenangkan buat anak adalah saat saat berbuka puasa yaitu ngabuburit mencari makanan untuk berbuka, selain membeli makanan sekalian juga melihat-lihat dan berjalan-jalan disore hari.

Untuk para ibu rumah tangga pun bisa mengisi waktu dengan smartphonenya yaitu dengan membuat resep makanan dan di posting ke sosial media sebagai bahan referensi ibu ibu di dunia maya lainnya.


@bloggerperempuan
#day18 #bpnramadan2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi