Menjalankan puasa Ramadhan di masa Covid 19

Oleh Santi Hartini

Marhaban ya Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi semua umat muslin yang menjalankannya.

Bulan Ramadhan tahun ini menjadi bulan yang berbeda dari sebelumnya, bulan puasa Ramadhan yang biasanya ramai di rayakan bersama keluarga dan kerabat, solat tarawih berjamaah, buka puasa bersama, ramainya suasana ngabuburit dan masih banyak kegiatan lainnya, akan tetapi untuk sekarang ini terasa berbeda karena kita semua sedang mengalami cobaan dengan wabah virus corona sehingga banyak kebiasaan yang berubah dan harus mengikuti berbagai anjuran pemerintah untuk memutus rantai penularan covid 19. Yaitu dengan menghindari keramaian dan tidak membuat keramaian, menjaga jarak antar sesama manusia dan juga dianjurkan diam di rumah.

Semua hal diatas tentu yang mempengaruhi suasana Ramadhan di taun ini, terutama larangan mudik membuat beberapa orang tidak bisa pulang berkumpul dengan keluarga. Tentunya dengan adanya musibah yang mendunia ini ada juga dampak positifnya diantaranya adalah :

1. Lebih khusyuk melaksanakan solat di rumah, dengan kondisi yang mengharuskan kita #dirumahaja seharusnya kita menjadi lebih khusyuk untuk menjalankan ibadah karena tidak terganggu dengan kegiatan luar yang rutin.

2. Terhindar dari godaan untuk membatalkan dan mengurangi pahala puasa, dengan adanya social distancing membuat kita terhindar dari godaan yang ditimbulkan dari manusia lainnya untuk berbuka puasa sebelum waktunya. Dan juga terhindar dari perbincangan dengan sekelompok orang tertentu yang negatif atau ghibah.

3. Dengan larangan mudik ambil sisi positifnya jadi kita bisa menghemat pembiayaan dan menunda nya untuk nanti setelah wabah ini berakhir. Mengurangi kepadatan lalu lintas dan mengurangi polusi udara. Dan juga agar tubuh kita dapat beristirahat, dan untuk bersilaturahmi dengan keluarga dapat dilakukan via telepon, whatsapp video call, berkirim paket menggunakan jasa pengiriman dan banyak cara lain yang dapat dilakukan secara jarak jauh.

Selalu jaga pikiran kita agar selalu positif dan semangat serta jangan lupa bahagia, karena itu obat satu-satunya yang dapat membuat jiwa sehat, selain asupan makanan yang bergizi dan olahraga teratur.


@bloggerperempuan
#day15 #bpnramadan2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi