Merangsang minat baca anak lewat visualisasi di Aplikasi Let's Read

 


Oleh

Santi Hartini

Menurunnya minat baca pada anak diusia sekolah terjadi sangat drastis, ketertarikan mereka terhadap membaca pun berkurang seiring perkembangan teknologi, miris memang yang seharusnya dengan meningkatnya segala fasilitas melalui perkembangan teknologi elektronik harusnya meningkat pula minat mereka untuk membaca lebih giat dan lebih banyak lagi. Akan tetapi ini malah terjadi sebaliknya, salah satu penyebabnya adalah kemasan atau cara mengkolaborasikan muatan baca dengan alat teknologi yang dekat dengan anak yaitu smartphone, melalui aplikasi yang menarik dapat di download dengan mudah kemudian mulai dari usia dini adalah salah satu kunci untuk memulai minat baca dengan rasa penasaran yang tinggi.

Setelah mengenal aplikasi Let's Read saya senang sekali karena dapat mengenalkan cerita pada anak saya yang berusia 5 tahun dengan imajinatif melalui cerita bergambar yang sangat menarik, karena bercerita dengan bantuan visualisasi sangatlah ampuh untuk merangsang rasa ingin tahu. Aplikasi Let's Read dapat ditemukan di PlayStore dan di download dengan mudah, cara penggunaannya pun sederhana, cerita didalamnya sangat bervariasi disajikan dengan berbagai bahasa, penuh warna dan gambarnya lucu-lucu membuat anak tertarik. Apalagi kita sebagai pendamping dapat bercerita dengan menerapkan metode read aloud atau membaca nyaring sehingga tercipta interaksi yang baik dengan anak, selain menyampaikan cerita dengan bahasa juga mengenalkan huruf dan kata perkata dan disertai gambar yang terbukti dapat meningkatkan imajinasi anak dalam memahami cerita tersebut, karena dengan sajian gambar itu akan kuat menempel pada memory anak sehingga dapat menceritakan kembali cerita yang telah dia dengar dengan baik walaupun menggunakan bahasa dia sendiri.

Pentingnya minat baca pada anak ini perlu ditingkatkan karena akan menambah perbendaharaan katanya dalam menyusun sebuah tulisan atau karangan cerita nantinya, bahkan akan membantu merangsang otaknya untuk bisa merangkai kata-kata dan meningkatnya kemampuannya dalam berbicara. Menerapkan literasi di usia dini juga sangatlah penting sehingga akan mendisiplinkan dirinya dan terus haus akan membaca dan rasa ingin tahu akan suatu bahan bacaan.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi