Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Pembelajaran sosial dan emosional adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah, yang memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.

3 Ruang lingkup untuk setiap Kompetensi PSE

1. Rutin

    Kondisi yang sudah ditentukan diluar jam belajar akademik

2. Integrasi dalam pembelajaran,
    Refleksi setelah melakukan pembelajaran di kelas
3. Protokol ,
    Budaya atau peraturan sekolah yang sudah disepakati bersama

Yang akan dipetakan kedalam setiap kompetensi pembelajaran sosial dan emosional



 Tabel Penyusunan Teknik  Pembelajaran Kompetensi Sosial dan Emosional

RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN  KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

RUTIN (waktu khusus  di luar kegiatan akademik)

Kesadaran diri - pengenalan emosi


  1. Teknik: Bernafas dengan kesadaran penuh


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Minta murid untuk berhenti melakukan kegiatan apapun dan menarik nafas dalam-dalam dan kemudian melepaskannya perlahan-lahan. Lakukan sebanyak 10 kali.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: guru meminta murid merasakan pada tubuh, pikiran, dan perasaan mereka setelah melakukan kegiatan tersebut.


  1. Penjelasan tentang tujuan: Bernapas dalam-dalam meningkatkan suplai oksigen ke otak dan menstimulasi sistem saraf parasimpatis, yang meningkatkan ketenangan.

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan focus


  1. Teknik: berorganisasi


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: guru meminta murid terlibat aktif dalam setiap kegiatan extra disekolah.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: murid mengikuti kegiatan diluar jam belajar sekolah formal dengan mengatur informasi yang dia dapatkan dari kegiatan extra tersebut dan juga mengatur waktu dalam kegiatan sehari-harinya 


  1. Penjelasan tentang tujuan: murid akan lebih terorganisir, produktif serta dapat mengoptimalkan waktu sehari-harinya dan dapat menyaring informasi yang relevan dengan tujuan. 

Kesadaran sosial - keterampilan berempati


  1. Teknik: Jum’at berkah


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: guru meminta murid untuk mengumpulkan sumbangan se ikhlasnya untuk membantu teman yang kurang mampu.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: murid mengumpulkan sumbangan melalui ketua kelas.


  1. Penjelasan tentang tujuan: untuk melatih dan menumbuh kembangkan kesadaran sosial (empati) bagi warga sekolah. 

Keterampilan berhubungan sosial - daya lenting (resiliensi)


  1. Teknik: 3 S (Senyum, Salam, Sapa)


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru menunggu Murid di depan pintu

gerbang sekolah dengan mengucapkan

salam, tersenyum dan menyapa murid

dengan ramah


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Guru meyapa murid dengan ucapan salam dengan ramah dan sopan Untuk menimbulkan budaya positif sekolah


  1. Penjelasan tentang tujuan: murid mampu

menumbuhkan kemampuan hubungan sosial

dengan semua warga sekolah

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab



  1. Teknik: strategi sederhana yang dapat digunakan untuk menumbuhkan kemampuan mengambil keputusan yang bertanggung jawab adalah dengan menggunakan kerangka yang disebut POOCH. POOCH merupakan singkatan dari :

  • Problem (Masalah),

  • Options (Alternatif pilihan),

  • Outcomes (Hasil atau konsekuensi),

  • Choices (Keputusan yang diambil)

 

  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru:

Tindakan yang yang dilakukan oleh guru adalah membimbing, mengarahkan dan membantu menumbuhkan kemampuan mengambil keputusan yang bertanggung jawab


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid:  meniru dan berlatih dalam menumbuhkan kemampuan mengambil keputusan yang bertanggung jawab


  1. Penjelasan tentang tujuan: memastikan bahwa keputusan anda mengarah pada tindakan yang meningkatkan kesehatan, melindungi keselamatan, mematuhi undang-undang, menunjukkan rasa hormat pada diri sendiri dan orang lain, mengikuti pedoman yang ditetapkan oleh orang dewasa.


RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE (sesuai dengan jenjang pendidikan murid)


Terintegrasi dalam mata pelajaran

Kesadaran diri - pengenalan emosi

  1. Teknik: Identifikasi Perasaan


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Membacakan sebuah cerita yang perasaan tokohnya dideskripsikan dengan jelas dalam cerita tersebut, contoh cerita tokoh Thomas Alva Edison.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Minta murid-murid untuk menggambar ekspresi wajah tokoh-tokoh cerita sesaat setelah mendengarkan cerita tokoh Thomas Alva Edison.


  1. Penjelasan tentang tujuan: Untuk mengetahui perasaan siswa terhadap mata pelajaran IPA.

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

  1. Teknik: refleksi diri


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: memeriksa perasaan pada diri sendiri (murid) setiap setelah melakukan pembelajaran atau kegiatan di kelas.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: murid memikirkan atau menuliskan tentang perasaan yang telah dialami dan dirasakan secara fisik, mental dan juga emosinya.


  1. Penjelasan tentang tujuan: murid dapat merasakan dan merefleksi dirinya dalam setiap kegiatan sehingga murid dapat mengelola emosinya Untuk setiap kegiatan hariannya serta focus dengan apa perubahan yang terjadi pada dirinya.

Kesadaran sosial - keterampilan berempati

  1. Teknik: pembelajaran kooperatif


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: guru membuat kelompok belajar siswa sesuai kebutuhannya.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: murid saling membantu temannya dalam memahami pelajaran, bila ada teman yang belum mengerti bisa dibantu dengan tutor sebaya.


  1. Penjelasan tentang tujuan: murid dapat menumbuhkan rasa empati antara satu dengan yang lainnya.

Keterampilan berhubungan sosial - daya lenting (resiliensi)

  1. Teknik: Kegiatan Role Play Komunikasi Aktif


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru mempersilakan setiap murid duduk berpasangan kemudian saling bergantian bercerita tentang pengalaman yang menyenangkan.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Guru meminta setiap murid mendengarkan cerita temannya dengan seksama dan penuh kesadaran serta berusaha tidak memotong pembicaraan saat temannya saat bercerita.


  1. Penjelasan tentang tujuan: Murid mampu merefleksikan apa yang murid dengarkan dan rasa saat bercerita maupun saat mendengarkan cerita temannya.

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

  1. Teknik: identifikasi masalah 


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: guru memberikan beberapa contoh kasus dalam kegiatan sehari-hari terkait beberapa tindakan yang baik atau kurang baik dan yang salah ataupun benar.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: murid mengidentifikasi masalah yang di berikan oleh guru kemudian murid menentukan apakah kasus yang diberikan tersebut baik/kurang baik/buruk ataupun benar/salah.


  1. Penjelasan tentang tujuan: Murid mampu mengidentifikasi masalah dengan mandiri dan menentukan pilihannya dengan bertanggung jawab.


RUANG LINGKUP

KSE

TEKNIK PEMBELAJARAN KSE

(sesuai dengan jenjang pendidikan murid)

PROTOKOL (BUDAYA atau TATA TERTIB)

Kesadaran diri - pengenalan emosi

  1. Teknik: Do’a bersama sebelum masuk kelas (Intishab PUI)


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Murid dikumpulkan di lapangan dan berbaris rapi lalu dipimpin berdo’a oleh satu orang murid.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Do’a yang dibacakan oleh murid di depan, diikuti oleh seluruh murid yang berbaris di lapangan.


  1. Penjelasan tentang tujuan: Dengan membacakan do’a bersama akan memperkuat emosional murid dalam menghadapi KBM.

Pengelolaan diri - mengelola emosi dan fokus

  1. Teknik: Pola makan berkesadaran

  2. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: murid diminta Untuk menerapkan S-S-S yaitu Sit (duduk saat makan), slow (makan secara perlahan) dan savor(menikmati makanan mereka)


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: merefleksikan bersama mengenai perbedaan makan dengan berkesadaran dan tidak


  1. Penjelasan tentang tujuan: murid mampu mengendalikan kesadaran diri dan menahan diri agar bias fokus ke tujuan yang dibuat.

Kesadaran sosial - keterampilan berempati

  1. Teknik : saling menghargai pendapat


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: guru meminta murid saling menghargai pendapat dalam diskusi membuat kesepakatan kelas.


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: murid mendengarkan ketika ada teman yang berbicara dan tidak boleh mencemooh atau menhina temannya.


  1. Penjelasan tentang tujuan: murid mampu menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati yang pada akhirnya kesadaran sosial berempati dapat ditumbuhkan.

Keterampilan berhubungan sosial - daya lenting (resiliensi)

  1. Teknik: Kolaborasi/Gotong Royong dalam kebersihan lingkungan


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: Guru mengajak semua murid Untuk berkolaborasi dan bergotong royong dalam menjaga lingkungan kelas maupun lingkungan sekolah


  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: Melaksanakan kegiatan gotong royong secara bersama-sama dalam membersihkan lingkungan kelas atau sekolah


  1. Penjelasan tentang tujuan: Menumbuhkan murid untuk bersikap saling bekerja sama dalam memelihara dan menjaga kebersihan lingkungan kelas dan sekolah,

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

  1. Teknik: pendekatan personal


  1. Penjelasan tentang apa yang dilakukan guru: jika ada siswa yang melanggar kesepakatan kelas guru memanggil siswa tersebut ke ruang BP diluar jam pelajaran untuk melakukan pendekatan personal.



  1. Penjelasan tentang apa yang dikatakan pada murid: setelah bertemu guru bertanya alasannya dan ingin memahami dan memberikan solusi sebagai konsekuensi, guru juga memberikan nasihat dan motivasi agar tidak mengulangi lagi.


  1. Penjelasan tentang tujuan: membiasakan siswa menerima konsekuensi dan bertanggung jawab dan membangun motuvasi agar lebih baik lagi.




Komentar

  1. sangat bagus sekali, mudah mudahan kita bisa melaksanakan pembelajaran PSE di sekolah masing - masing

    BalasHapus
  2. tertarik dan menarik izin jadikan acuan

    BalasHapus
  3. bagus sekali ibu..izin juga untuk menjadikan referensi

    BalasHapus
  4. Sip.....mantap,ijim untuk referensi. Semoga sukses selalu

    BalasHapus
  5. mohon ijin buat referensi, kak

    BalasHapus
  6. Terima kasih bu. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  7. Bagus sekali mohon izin tuk jadikan referensi, semoga kita dapat melakukannya.

    BalasHapus
  8. Keren, sangat menginspirasi

    BalasHapus
  9. mohon izin untuk dijadikan referensi

    BalasHapus
  10. Terima Kasih Banyak ibu Guru Hebat, salam CGP Angkatan 4 Kota Tarakan

    BalasHapus
  11. sangat menginspirasi..ijin untuk menjadi referensi

    BalasHapus
  12. Inspiratif. Ijin dijadikan referensi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi