IPhone akan Kembali Tunjukkan Taringnya di Pasar Ponsel




Awal tahun ini, beberapa hal tidak berjalan baik untuk bisnis iPhone Apple.

Pertumbuhan dari tahun ke tahun turun menjadi satu digit. Samsung adalah kesayangan media teknologi. Ada laporan yang menyebutkan bahwa Apple memangkas pesanan iPhone dari pemasok mereka. Android terus mencetak jumlah pangsa pasar yang mencengangkan.

Nah, tampaknya kini Apple akan mengubah segalanya dan mendapatkan pesona iPhone mereka kembali.

Pekan ini, mereka meluncurkan iPhone 5S dan iPhone 5C, sebuah iPhone berharga murah. Produk-produk tersebut terlihat tidak memiliki fitur baru yang revolusioner. (Tipe 5S memiliki pemindai sidik jari yang membuat teleponnya lebih aman.)
Ponsel-ponsel itu bagus, tapi bukan produk-produk itu yang akan menghidupkan kembali bisnis Apple.

Tiga hal akan terjadi yang akan memberikan semangat terhadap bisnis iPhone:
1.    Apple akan mulai menjual ponsel di DoCoMo, operator terbesar di Jepang, dan China Mobile, operator terbesar di China. China Mobile memiliki 700 juta pelanggan, membuat mereka tujuh kali lipat lebih besar dari Verizon, menurut WSJ. Apple belum menambah operator baru dalam waktu yang lama, yang membatasi kesempatan mereka untuk tumbuh. Menambah operator terbesar di dunia akan menghasilkan penjualan yang lebih banyak.

2.    Apple akan menjual iPhone versi murah. iPhone dijual dengan harga 800-1.000 dolar Amerika (sekitar Rp9,11-11,3 juta) di belahan dunia lain. iPhone 5C, telepon termurah Apple akan dijual seharga 400-500 dolar Amerika (sekitar Rp4,55 – 5,69 juta), membuatnya menjadi lebih terjangkau dan setara dengan harga smartphone kelas menengah. Bisnis iPhone Apple melambat akibat harga dan distribusinya; hal itu akan berubah dengan adanya operator baru dan produksi iPhone 5C.


3.    Apple sedang mengembangkan iPhone yang lebih besar. Operator yang baru itu, dan harga yang lebih murah akan mengangkat iPhone untuk 12 bulan ke depan. Lalu, tahun berikutnya, kita akan melihat sebuah iPhone yang lebih besar, yang akan membawa angin segar dalam bisnis iPhone. Semua pembuat telepon Android menawarkan sebuah layar 4,8 inci atau lebih besar lagi. Apple adalah satu-satunya perusahaan dengan telepon berlayar 4 inchi atau kurang sebagai produk ponsel utamanya. Layar yang lebih besar itu bagus, dan Apple setiddaknya harus memberikan pilihan kepada konsumen untuk layar yang lebih besar.

4.    (BONUS) Apple akan memperbarui software iPhone dengan iOS7. iOS7 terlihat berbeda, tapi software itu bagus. Apple juga menambah beberapa fitur untuk bersaing dengan (dan melampaui) Android. iPhone mulai menjadi basi dan membosankan. Software yang digunakan pada dasarnya sama sejak versi pertama. Rancangan baru ini akan membuatnya terasa segar, baru, dan menarik. Ada beberapa orang yang akan heboh, namum secara keseluruhan kami rasa orang-orang akan menyukainya.

Dengan gabungan dari semuanya maka iPhone akan mendapatkan kembali keuntungan dalam 12-18 bulan kedepan.

Namun ada juga kompensasinya. Rata-rata harga penjualan iPhone sepertinya akan menurun saat mereka menjual banyak produk iPhone 5C. Dan margin mereka bisa memadat jika iPhone 5C memiliki margin rendah.

Namun, itu adalah harga yang harus dibayar Apple. Lebih baik mereka menyerahkan sedikit marginnya, sedikit harganya agar unitnya mengalami pertumbuhan kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi