Terkungkung dalam persepsi dunia maya demi kemasan kehidupan yang ideal


Image result for sosialita simbol


Tidaklah penting untuk diselami tapi tidak juga menjadi hal yang sepele untuk disikapi, apakah yang dimaksud disini?

Ya, adalah dunia kedua selain kehidupan di bumi, dunia kedua  yang ratingnya terus naik menuju dunia utama menggeser dunia nyata yang sedang berjalan. Belum lah usai perdebatan bentuk bumi yang bulat ataupun datar tetaplah sang waktu yang merajai segala yang kejadian yang sudah, sedang dan bahkan akan terjadi. Sebutlah dunia maya yang menduduki dimensi lain pada kehidupan individu dari tahun ke tahun yang space-nya semakin bertambah pada setiap penggunanya. Seolah menjadi titik utama dalam bersosialisasi yang bebas tanpa peluit pelanggaran dikala postingan yang di unggah hanyalah sebuah khayalan.

Salahkah ? Jika postingan yang too much akan suatu hal tertentu, berbau politik, fanatisme agama, hobi, love self atau curhatan yang terkadang membentuk opini opini publik yang liar dan penuh dengan bukti-bukti hoax yang kemudian dengan mudah di serap dan di sampaikan atau di bagikan secara cepat. Mungkin menjadi salah disaat salah satu dari orang yang melakukan publikasi dengan audience publik tersebut memiliki perasaan yang kompleks, seperti di iringi dengan rasa ingin tau yang berlebihan, kebencian secara pribadi, ataupun keinginan untuk menjadi salah satu diantaranya.

Pengaruh yang ditimbulkan sangatlah besar, dimana akan berdampak pada keseharian, gaya hidup dan pandangan akan sesuatu hal yang tidak seharusnya.  Selain terhadap pribadinya juga terhadap mansyarakat sekitarnya yang akan ikut memandang sesuai dengan alur yang telah terbentuk di dunia maya tersebut. Yang paling berbahaya adalah menimbulkan kebencian yang berlebihan dikarenakan oleh isu-isu yang beredar yang belum dapat dipastikan kebenarannya, hanya dikarenakan berita yang diciptakan dan disebarkan dengan mudah pula diserap dan dianggap benar sebenar-benarnya.

UU ITE sudah jelas, akan tetapi tetap saja tidak dapat membendung pembentukan persepsi publik yang biasanya menggiring kepada suatu hal yang negatif dan kemudian diterapkan di dunia nyata.  Untuk lebih jelas dan detail silahkan dipelajari https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/users/4761/UU%2019%20Tahun%202016.pdf
Bahwa agar kita berhati-hati dengan data-data elektronik meliputi dokumen, chat, image dan semua bentuk file yang di edarkan dan dibagikan melalui jaringan internet karena history-nya dapat ditelusuri dengan lengkap dan dapat menjadi bukti yang otentik dan memenuhi untuk dijerat UU ITE tersebut.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi