DASAR DARI SIMULASI MODELING

Image result for model dan simulasi
Sebagai suatu contoh penggunaan simulasi, dengan mempertimbangkan suatu perusahaan pabrik yang sedang merenungkan bangunan yang  perluasan besar ke tentang  pabriknya  tetapi tidaklah pasti jika keuntungan yang potensial di dalam produktivitas akan membenarkan biaya konstruksi itu.
Area aplikasi untuk simulasi adalah banyak dan berbeda. Di bawah adalah daftar beberapa macam permasalahan yang tertentu di mana simulasi telah ditemukan untuk menjadi alat yang kuat dan bermanfaat :
  • Perancangan dan penelitian yang memproduksi system
  • Mengevaluasi kebutuhan perangkat keras dan lunak untuk suatu sistem komputer
  • Mengevaluasi suatu siasat atau sistem senjata militer baru
  • Menentukan kebijakan pemesanan untuk suatu sistem inventori
·         Merancang sistem komunikasi dan protokol pesan untuk [mereka/nya].
  • Merancangan dan beroperasi fasilitas transportasi seperti jalan raya lintas, airports,subways, atau pelabuhan.
  • Mengevaluasi disain untuk organisasi jasa seperti hospitals,post kantor, atau rumah makan cepat saji.
·         Penelitian keuangan atau sistem ekonomi.

SISTEM MODEL DAN SIMULASI
 

  • Mengadakan percobaan dengan sistem yang nyata dengan mengadakan percobaan dengan model sistem: jika itu adalah mungkin untuk mengubah sistem yang secara phisik dan kemudian biarkan beroperasi di bawah kondisi itu yang baru mungkin diinginkan untuk melakukannya, karena dalam hal ini tidak ada pertanyaan tentang apakah apa yang dipelajari adalah studi relevan
  • Phisik model dengan  model matematika: ke kebanyakan orang-orang, mengatakan " model" menimbulkan gambaran tanah liat di dalam terowongan angin, kokpit memutuskan dari pesawat udara mereka untuk digunakan di dalam pelatihan pilot, atau miniatur supertankers berjalan cepat sekitar di dalam suatu kolam renang.
  • Solusi analitis dengan simulasi: sekali kita sudah membangun suatu model matematika, itu harus kemudian diuji untuk lihat bagaimana itu dapat digunakan untuk jawaban pertanyaan minat tentang sistem diharapkan untuk menghadirkan.
  • Statis dengan simulasi dinamis model: suatu model simulasi statis adalah suatu penyajian suatu sistem pada situasi tertentu, atau apa yang itu mungkin adalah digunakan untuk menghadirkan suatu sistem di mana waktu yang hanya tidak main apapun peran
  • Deterministic dengan simulasi stokastik models:apabila suatu simulasi model tidak berisi manapun komponen probabilistic, itu disebut determinitic.
  • Berlanjut dengan simulasi terpisah model: dengan bebas speaking,we menggambarkan model simulasi berlanjut dan terpisah [yang] sejalan kepada [jalan/cara] yang terpisah dan sistem berlanjut telah digambarkan di atas.

DISCRETE-EVENT SIMULATION

Discrete-event simulasi berhubungan dengan modeling suatu system ketika meningkatkan dari waktu ke waktu oleh suatu penyajian di mana peubah keadaan berubah dengan segera pada poin-poin terpisah pada waktunya. walaupun discrete-event simulasi bisa secara konseptual dilaksanakan dengan tangan kalkulasi, jumlah data yang harus disimpan dan digerakkan untuk kebanyakan sistem dunia nyata disctates discrete_event simulasi itu dilaksanakan pada  suatu komputer cacahan. di dalam di atas contoh kedua jenis peristiwa yang benar-benar mengubah status sistem, tetapi dalam beberapa discrete-event peristiwa model simulasi digunakan untuk tujuan yang tidak benar-benar mempengaruhi perubahan seperti itu.

Time-advance mekanisme
Kita sebut variabel didalam suatu model simulasi yang memberi nilai yang sekarang dari waktu ditirukan jam simulasi. unit waktu untuk jam simulasi tidak pernah dinyatakan dengan tegas ketika suatu model ditulis dalam suatu general-purpose bahasa seperti fortran,pascal,or C, dan itu diasumsikan tobe di dalam unit yang sama sebagaiparameter masukan. menurut sejarah, dua pendekatan prinsip telah diusulkan untuk advacing simulasi itu clock:next-event advance waktu dan fixed-increment advance waktu. dengan next-event time-advance mendekati, jam simulasi adalah initialized nol dan waktunya kejadian peristiwa masa depan ditentukan.

Komponen dan organisasi suatu discete-event simulasi model
Walaupun simulasi telah diberlakukan bagi suatu keaneka ragaman sistem dunia nyata besar, discrete-event simulasi model semua bagian;saham] sejumlah komponen umum dan di sana adalah suatu organisasi logis untuk disana komponen yang mempromosikan yang coding,debugging itu, dan masa depan yang mengubah suatu simulasi program komputer model. organisasi dan tindakan suatu discrete-event program simulasi yang menggunakan itu next-event time-advance mekanisme sebagai dilukiskan di atas secara wajar khas ketika persandian . seperti itu simulasi di dalam suatu general-purpose bahasa program seperti FORTRAN, Pascal, atau C;itu disebut peristiwa dengan tegas coded ke dalam model dan dijadwalkan untuk terjadi yang masa depan yang ditirukan itu.

SIMULASI SUATU SINGLE-SERVER ANTRI SISTEM

Bagian ini menunjukkan secara detil bagaimana menirukan suatu single-server antri sistem seperti suatu one-operator barbershop.walaupun sistem ini nampak dibandingkan dengan sangat sederhana yang pada umumnya operasi dari kompleksitas besar. Kita menguraikan sistem minat dan menyatakan sasaran hasil dengan tepat. kita menjelaskan dengan tidak sengaja bagaimana cara menirukan sistem ini di dengan mempertunjukkan a " snapshot" tentang sistem yang simuted [hanya;baru saja] setelah peristiwa masing-masing terjadi.

Permasalahan statement

Suatu pelanggan yang tiba dan temukan server gabungan sibuk ujung queue.upon tunggal yang melengkapi layanan untuk suatu pelanggan, server memilih suatu pelanggan dari antrian di dalam suatu first-in, first-out(FIFO) cara. simulasi akan mulai " empty-and-idle" state no pelanggan hadir dan server adalah kosong. Pada waktu 0, kita akan mulai menantikan kedatangan pelanggan yang pertama, yang akan terjadi setelah interarrival waktu yang pertama, dibanding/bukannya pada waktu 0 yang mungkin sah, tetapi berbeda, memperagakan asumsi. kita ingin menirukan sistem ini sampai suatu nomor jumlah ditetapkan dan diperbaiki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi