ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) INFORMATIKA FASE D OLEH SANTI HARTINI, S.T. - SMPN 5 MAJALENGKA
1
Identitas
ATP Fase D
Nama dokumen |
: Alur dan Tujuan Pembelajaran |
Mata Pelajaran |
: Informatika |
Fase |
: D |
Kelas |
: VII, VIII, IX |
Penyusun |
: Santi Hartini, S.T |
2
Rasional
dan Konteks
Perkenalkan nama saya Santi Hartini.
Saya adalah
seorang guru sekolah menengah pertama, mengajar TIK/Informatika.
Saya mengajar di sekolah SMP Negeri 5 Majalengka.
Sekolah yang
cukup sejuk dengan dikelilingi suasana persawahan dan pegunungan.
Dengan jumlah siswa yang tidak lebih dari 300 orang
Sekolah kami
memiliki sarana laboratorium komputer
Namun, hanya satu
ruang lab komputer yang cukup untuk satu kelas
Sekolah kami
memiliki siswa dengan kemampuan fisik, akademik, dan finansial yang saling
berbeda
3
Capaian
Pembelajaran Fase D
Pada akhir fase D, siswa mampu
menerapkan berpikir komputasional secara mandiri dalam menyelesaikan persoalan
dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional
dalam bidang lain,
mampu menggunakan aplikasi untuk
berkomunikasi, mencari dan mengelola konten informasi, mampu menjelaskan bagian-bagian, fungsi, dan komponen, serta
proses kodifikasi data dalam sistem komputer, jaringan komputer, dan internet, mampu memahami keamanan perangkat TIK yang terhubung ke
jaringan komputer atau internet, mampu mengakses, mengolah dan
mengelola data secara efisien, terstruktur dan sistematis untuk melakukan
interpretasi dan prediksi dengan menggunakan perkakas atau manual, mampu mengembangkan program dalam bahasa visual (blok),
mampu beretika dan berdampingan dengan orang lain sebagai warga digital, serta
mampu bergotong-royong untuk menciptakan dan mengkomunikasikan artefak
komputasional dalam laporan dan presentasi.
Untuk lengkapnya bisa di download di link berikut :
ATP INFORMATIKA FASE D SANTI HARTINI
Semoga bermanfaat.
Berbagi itu indah.
Komentar
Posting Komentar