ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN (ATP) INFORMATIKA FASE D OLEH SANTI HARTINI, S.T. - SMPN 5 MAJALENGKA

 


1         Identitas ATP Fase D

 

Nama dokumen

: Alur dan Tujuan Pembelajaran

Mata Pelajaran

: Informatika

Fase

: D

Kelas

: VII, VIII, IX

Penyusun

: Santi Hartini, S.T

 

2         Rasional dan Konteks

 

Perkenalkan nama saya Santi Hartini.

Saya adalah seorang guru sekolah menengah pertama, mengajar TIK/Informatika.

Saya mengajar di sekolah SMP Negeri 5 Majalengka.

Sekolah yang cukup sejuk dengan dikelilingi suasana persawahan dan pegunungan.

Dengan jumlah siswa yang tidak lebih dari 300 orang

Sekolah kami memiliki sarana laboratorium komputer

Namun, hanya satu ruang lab komputer yang cukup untuk satu kelas

Sekolah kami memiliki siswa dengan kemampuan fisik, akademik, dan finansial yang saling berbeda

3         Capaian Pembelajaran Fase D

 

Pada akhir fase D, siswa mampu menerapkan berpikir komputasional secara mandiri dalam menyelesaikan persoalan dengan data diskrit bervolume kecil dan mendisposisikan berpikir komputasional dalam bidang lain,  mampu menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi, mencari dan mengelola konten informasi, mampu menjelaskan bagian-bagian, fungsi, dan komponen, serta proses kodifikasi data dalam sistem komputer, jaringan komputer, dan internet, mampu memahami keamanan perangkat TIK yang terhubung ke jaringan komputer atau internet,  mampu mengakses, mengolah dan mengelola data secara efisien, terstruktur dan sistematis untuk melakukan interpretasi dan prediksi dengan menggunakan perkakas atau manual,  mampu mengembangkan program dalam bahasa visual (blok), mampu beretika dan berdampingan dengan orang lain sebagai warga digital, serta mampu bergotong-royong untuk menciptakan dan mengkomunikasikan artefak komputasional dalam laporan dan presentasi.



Untuk lengkapnya bisa di download di link berikut :

ATP INFORMATIKA FASE D SANTI HARTINI


Semoga bermanfaat.

Berbagi itu indah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi