Kenali gejala, penanganan dan yang utama adalah pencegahan Covid -19

                                Oleh Santi Hartini


Ternyata memang betul pribahasa lebih baik mencegah daripada mengobati, dan semua itu terbukti dan terasa oleh semua manusia di muka bumi ini semasa pandemi Covid 19 di awal tahun 2020. Seandainya saja seluruh penghuni bumi menyadari akan pentingnya menjaga diri dari berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit maka mungkin wabah covid 19 ini tidak akan merebak sedemikian besarnya.

Salah satunya dikarenakan kebanyakan orang menyepelekan kebersihan diri dan lingkungan mungkin karena malas ataupun fasilitas yang minim dan tidak memadai. Himbauan kesehatan dan kebersihan sebetulnya selalu disampaikan setiap saat sebelum pandemi ini muncul, seperti tata cara cuci tangan, membersihkan lingkungan, dan juga menjaga kebersihan diri sendiri.

Hanya saja setelah pandemi ini mendunia maka prosedur menjaga kebersihan lebih digalakan lagi, dan untuk kali ini banyak masyarakat yang mentaatinya dikarenakan ketakutan dan keresahan akan virus tersebut, setelah dijelaskan dan mengenali virus dan ditambah dengan berbagai pemberitaan diberbagai media sehingga masyarakat lebih peduli lagi terhadap kebersihan dirinya, akan tetapi banyak juga dampak negatif dari munculnya keresahan yang berlebihan.

Dengan begitu kuncinya adalah pintar mencerna informasi yang didapat, bijak dalam membagikan informasi dan melaksanakan himbauan pemerintah. Ada beberapa tindakan preventif agar terhindar dari Covid 19 ini diantaranya adalah :

1. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan menerapkan prosedur ctps dengan benar (tapi jangan lupa juga mencuci kaki dan wajah kita).
2. Menjaga jarak dengan orang lain antara 1-2 meter.
3. Menggunakan masker saat keluar rumah dan disaat sakit.
4. Hindari kerumunan terlebih dahulu selama masa social distancing.
5. Terapkan tata cara bersin dan batuk yang benar agar tidak menularkan kapa orang lain.
6. Menjaga asupan makanan dan gizi.
7. Tidak lupa berjemur dan berolahraga dengan rutin.

Setelah mengenali virus ini dan gejalanya maka kita juga harus mengenali pencegahannya. Karena lebih mudah mencegah daripada mengobati lebih sulit dan membutuhkan waktu serta biaya yang lebih besar.

Salam sehat buat semuanya.

@bloggerperempuan
#bpnramadan2020
#day4bpnramadan2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi