Keseharian Kartini masa kini di era modernisasi

Oleh Santi Hartini
Guru SMPN 5 Majalengka



Selamat Hari Kartini 21 April 2020, untuk semua Kartini Indonesia

R.A. Kartini dikenal sebagai tokoh yang memperjuangkan emansipasi wanita jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Maka dari itu Pemerintah Indonesia menetapkan R.A. Kartini sebagai Pahlawan Nasional dan kemudian hari lahirnya yaitu 21 April selalu diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Pada saat itu jauh sebelum kemerdekaan Indonesia tidak mudah memperjuangkan keberadaan sosok dan peran wanita dalam keseharian, sulitnya membuktikan bahwa pemikiran seorang wanita patut untuk diperhitungkan dan layak untuk mendapatkan hak yang sama. Lalu sekarang era terus berganti sehingga sampai pada berbagai generasi yang rentan dipengaruhi berbagai dampak negatif maupun pengaruh internal ataupun external.

Memang keseharian kartini era modernisasi tidak bisa disamakan dengan kartini pada jamannya dulu yang banyak sekali keterbatasan, akan tetapi integritas diri di masa itu tidak usah diragukan lagi, semangat dan rasa kemanusiaan yang tinggi sehingga menjadikan sosok kartini yang berkualitas. Sedangkan pada era sekarang tidak banyak ditemukan sosok kartini yang sesungguhnya karena faktor lingkungan yang sudah banyak mengambil peran. Kemajuan teknologi yang ada tidak dimanfaatkan untuk menjadikan kartini jaman sekarang menjadi kartini yang cerdas, mandiri dan peduli akan sesama.

Akan tetapi tidak ada kata terlambat untuk berubah, apalagi perubahan ke arah lebih baik, maka mari para wanita Indonesia untuk menjadi kartini bangsa yang cerdas dan berkualitas dari segi fisik dan pemikiran. Tidak usah putih, tinggi dan langsing untuk menjadi wanita yang pantas untuk ditampilkan karena kuncinya adalah motivasi di diri sendiri untuk bisa menonjolkan kelebihan kita masing-masing, lewat karya dan dengan menularkan hal hal yang positif dan saling memotivasi.

Ayo Kartini Indonesia maju bersama bangsa.


#kartiniindonesia
#harikartini2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi