Mengisi kegiatan bersama keluarga

Oleh
Santi Hartini

Berkegiatan bersama keluarga adalah suatu hal yang menyenangkan, terutama saat seperti sekarang ini kita semua dihimbau untuk #dirumahaja bahkan pemerintah juga menghimbau untuk tidak mudik terlebih dahulu, kemudian menunda piknik untuk sementara waktu dalam rangka memutus daur hidup dan penularan virus corona. Untuk keluarga utuh marilah banyak bersyukur karena tidak terpisah jarak satu sama lain sehingga dapat menikmati waktu bersama lebih banyak, sedangkan untuk keluarganya yang terpisah kota dikarenakan pekerjaan atau pendidikan maka bersabarlah karena kita semua harus bekerja sama untuk kebaikan.

Mari selalu bersyukur setiap waktu apapun itu kondisinya karena dengan bersyukur kita semua akan lebih tenang dan bahagia. Untuk mengisi kegiatan selama #dirumahaja bersama keluarga tentunya banyak yang bisa dilakukan mengisi waktu terutama sekarang umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan sehingga dengan adanya himbauan #dirumahaja diharapkan dapat lebih khusyuk beribadah. Akan tetapi pasti akan muncul kebosanan tersendiri, sehingga kebosanan tersebut harus kita isi dengan kegiatan yang menarik, sebagai contoh adalah yang saya lakukan bersama kedua anak perempuan saya yaitu mengisi waktu dengan membuat camilan rumahan yang mudah sehingga dapat melibatkan anak dalam pembuatannya, kemudian mengajak anak untuk membuat video tutorial membuat camilan tersebut yang nanti akan di upload ke media sosial ataupun youtube, sehingga dapat berbagi dengan keluarga yang lain. Anak anak begitu senang dan bersemangat karena selain bisa mempraktekan resep tertentu juga dikaitkan dengan teknologi smartphone yang biasanya hanya dipakai untuk melihat video atau maen game. Mulai dari mempersiapkan bahan makanan, cara pembuatan dan proses photo dan video. Kemudian setelah itu mereka juga diajarkan cara mengedit videonya sehingga lebih menarik dan ternyata hal tersebut membuat mereka ketagihan ingin membuat resep lainnya kemudian dibagikan kepada teman-temannya. Bisa cek di link youtube dibawah ini beberapa hasil kreasi kami :

https://youtu.be/UnCyd3fhqZc


Semoga dapat menambah inspirasi keluarga.

Kemudian untuk keluarga yang jauh dan terpaksa tidak bisa mudik apalagi sekarang menjelang Lebaran tentunya sangat ingin berkumpul dengan keluarga, jangan bersedih dan jangan khawatir karena yang namanya keluarga bukan hanya yang terikat secara darah atau sekandung saja, akan tetapi orang-orang sekitar kita yang sehari-hari bersama juga merupakan keluarga dan dapat kita melakukan kegiatan yang positif bersama, seperti buka puasa bersama, bermain game ataupun menonton televisi.

Semoga kita semua dapat melewati semua pandemi ini dengan baik dan kembali dapat beraktivitas seperti biasanya. Amin

@bloggerperempuan
#day9 #bpnramadan2020



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi