PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN

 


Latar Belakang

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam kehidupan manusia. Beberapa komponen yang harus diperhatikan dalam pendidikan yang meliputi pendidik, peserta didik, lembaga pendidikan dan kurikulum pendidikan yang termasuk didalamnya cara penyampaian bahan ajar agar terwujud masyarakat yang mampu bersaing dan beradaptasi dengan perubahan zaman, yang sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan di Indonesia. Dan hingga saat ini pendidikan di Indonesia masih banyak mengalami persoalan yang mendasar, yaitu persoalan mengenai sumber daya pendidik yang belum optimal mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh lembaga pendidikan.  Salah satu persoalan yang dihadapi oleh pendidikan di Indonesia yaitu profesionalisme guru yang masih jauh dari yang diharapkan. Guru merupakan sumber daya utama dalam terselengaranya proses belajar mengajar yang bermutu. Dalam Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, pasal 1 ayat (1) dinyatakan bahwa “Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah”.

Rumusan Masalah

1.        Bagaimana pengembangan diri bagi guru

2.        Bagaimana kendala pengembangan diri bagi guru

Tujuan Penelitian

1.      Untuk mengetahui pengembangan diri bagi guru

2.      Untuk mengetahui kendala pengembangan diri bagi guru

Manfaat Penelitian

Manfaat Teoritis :

a. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pengetahuan tentang pengembangan diri di sekolah/madrasah.

b. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasan, pengetahuan, dan pemikiran bagi para guru mengenai pentingnya pengembangan diri.

Manfaat Praktis :

a. Bagi guru Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan sebagai alat evaluasi kebijakan dalam kegiatan pengembangan diri guru, maupun memotivasi bagi guru tentang pentingnya pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi maupun karir guru tersebut.

b. Bagi sekolah Sebagai pedoman bagi pihak sekolah/madrasah dalam melaksanakan kegiatan pengembangan diri bagi guru.

 

Pembahasan

Pada dunia pendidikan motivasi pengembangan kompetensi diri untuk para pendidik sangat diperlukan untuk meningkatkan semangat dan melangkah ke tahapan pembelajaran yang semakin berkembang, selain itu juga pengembangan diri akan membantu para pendidik untuk bisa melalui segala tantangan pembelajaran yang dihadapi, meningkatkan kinerja guru, sehingga dalam Penilaian Kinerja guru (PK Guru) dapat memberikan hasil yaitu berupa promosi atau kenaikan pangkat. Pengembangan tersebut  haruslah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual serta moral sumber daya manusia supaya prestasi kerjanya baik dan mencapai hasil yang optimal.

 

Ada beberapa cara untuk memotivasi para pendidik seperti pada langkah-langkah berikut yang bertujuan untuk mengembangkan diri :

1.    Memupuk Kepercayaan Diri. Supaya diri sendiri bisa berkembang dengan mengikuti kursus, pelatihan, seminar, dan kegiatan dari kampus.

2.    Menggunakan Waktu dengan Baik.

3.    Terbuka Terhadap Segala Hal.

4.    Belajar dari Pengalaman.

5.    Punya Ambisi atau Keinginan Berprestasi.

Adapun yang menjadi kendala atau permasalahan pokok berkaitan dengan kompetensi dan profesionalisme guru di Indonesia meliputi: a) rendahnya kompetensi guru; b) rendahnya motivasi berusaha untuk mengembangkan mutu diri guru; c) persebaran guru yang tidak merata; d) rendahnya kesadaran dan semangat untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman; e) mutasi.

Terdapat 5 Cara yang Bisa Dilakukan Guru untuk Pengembangan Diri

1.    Mengikuti Seminar Nasional.

2.    Membaca Artikel Pendidikan.

3.    Mengikuti Pelatihan.

4.    Bergabung dengan Komunitas Guru.

5.    Memiliki Relasi Guru 

Peningkatan kompetensi guru diharapkan memberikan dampak pada peningkatan kompetensi lulusan. Dengan lulusan yang kompeten diharapkan mampu meningkatkan daya saing bangsa pada percaturan persaingan dunia. Salah satu upaya yang dilakukan untuk membangun kesadaran pentingnya pengembangan diri oleh seorang guru tidak hanya penting penting dilakukan untuk meningkatkan kualitas diri, melainkan juga karena Guru adalah panutan bagi siswa-siswanya. Tanggung jawab seorang guru tidak hanya sebatas mentransfer ilmu pengetahuan saja.

 

Kesimpulan

Pengertian Pengembangan Diri (Guru) adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk meningkatkan profesionalisme diri agar memiliki kompetensi profesi yang sesuai dengan peraturan perundang- undangan, yaitu agar mampu melaksanakan tugas pokok dan kewajiban dalam melaksanakan proses pembelajaran/pembimbingan. Dengan adanya program pengembangan diri bagi guru diharapkan mampu meningkatan karir guru yang dilaksanakan secara maksimal dan berkesinambungan atau terus-menerus, maka menghasilkan guru profesional sehingga kualitas pembelajaran semakin baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi