Perencanaan pendidikan dalam pengelolaan kompetensi Sumber Daya Manusia pada sekolah berbasis teknologi

 Nama              : Santi Hartini

Konsentrasi    : Administrasi Pendidikan



Perencanaan pendidikan dalam pengelolaan kompetensi Sumber Daya Manusia pada sekolah berbasis teknologi

Perencanaan Pendidikan merupakan suatu proses mempersiapkan seperangkat keputusan untuk kegiatan-kegiatan di masa depan yang diarahkan untuk mencapai tujuan- tujuan dengan cara-cara optimal untuk pembangunan ekonomi dan social secara menyeluruh dari suatu Negara. Perencanaaan menurut Bintoro Tjokroaminoto ialah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Perencanaaan menurut Prajudi Atmosudirdjo ialah perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam rangka mencapai tujuan tertentu, siapa yang melakukannya, bilamana, dimana, dan bagaimana cara melakukannya.

Tujuan pendidikan pada hakikatnya merupakan pengejawantahan dari berbagai aspek kehidupan suatu bangsa dalam bisang agama, ideology, politik, ekonomi, social budaya, hukum, ilmu pengetahuan dan tekhnologi, serta keamanan dan pertahanan. Bentuk dan si rumusan atau informasi tujuan pendidikan bagi setiap bangsa berbeda. Perbedaan itu disesuaikan dengan sistem nilai yang terkandung dalam aspek-aspek kehidupan suatu bangsa dalam kurun waktu tertentu. Tujuan perencanaan dalam manajemen pendidikan :

1.     Standar pengawasan, yaitu mencocokan pelaksanaan dengan perencanaannya.

2.     Untuk mengetahui kapan pelaksanaan dan selesainya suatu kegiatan.

3.     Mengetahui siapa saja yang terlibat (struktur organisasi) baik kualifikasinya maupun                 kuantitas.

4.     Mendapatkan kegiatan yang sistematis termasuk biaya dan kualitas pekerjaan.

5.     Meminimalkan kegiatan-kegiatan yang tidak produktif dan menghemat biaya, tenaga ,dan waktu

6.     Memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kegiatan pekerjaan.

7.     Menyerasikan dan memadukan sub kegiatan

8.     Mendeteksi hambatan kesulitab yang bakal ditemui

9.     Mengarahkan pencapaian tujuan.

 

Dan untuk manfaat perencanaan dalam manajemen pendidikan:

1.     Standar pelaksanaan dan pengawasan

2.     Pemulihan berbagai alternatif terbaik

3.     Penyususnan skala prioritas, baik sasaran maupun kegiatan

4.     Mengehemat pemanfaatan sumber daya organisasi

5.     Membantu pimpinan sekolah menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan

6.     Alat memudahkan dalam berkoordinasi dengan pihak terkait, dan

7.     Alat meminimalkan pekerjaan yang tidak pasti.

 

Dalam perencanaan pendidikan erat kaitannya dengan pengelolaan berbagai sumber daya didalammnya yang dapat menyusun dan mendukung pemetaan dari berbagai potensi yang mendukungnya, salah satunya adalah pentingnya kompetensi sumber daya manusia. Sumber Daya Manusia yang kompeten sangat diperlukan, yaitu SDM yang memiliki kompetensi tertentu yang meliputi aspek pengetahuan (knowledge, science), keterampilan (skill, technology), dan sikap perilaku (attitude) yang dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan pekerjaan. Untuk menjalankan peran ini, para manajer sumber daya manusia harus memiliki empat kompetensi utama: komunikasi, kemampuan analisis, keterampilan membangun hubungan dan kualitas kepemimpinan.

Sekolah berbasis IT merupakan sekolah yang menerapkan unsur-unsur teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan pendidikannya, baik dalam segi pembelajaran maupun dalam segi manajemen pendidikan di sekolah tsb. Pendidikan Adalah Proses Untuk Meningkatkan Kualitas SDM
Hasil yang nantinya dicapai adalah terciptanya sumber daya manusia yang kompeten dan sesuai dengan tuntutan pembangunan. Di mana dirinya memiliki soft skill dan hard skill yang baik sesuai dengan apa yang diharapkan oleh lapangan pekerjaan
. Teknologi adalah elemen krusial dalam proses menuju Education 4.0, tenaga pengajar dapat berkolaborasi lebih baik dengan para pelajar melalui personalisasi. Hal ini membuat para tenaga pengajar dapat mengelola perangkat-perangkat dalam kelas dan merencanakan rencana studi yang akan memberikan hasil pembelajaran lebih baik. Personalisasi melalui sebuah perangkat memungkinkan pemanfaatan teknologi yang optimal dan memberdayakan para pelajar dalam proses pembelajaran mereka. Peran teknologi pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia meliputi:

1)    Memfasilitasi belajar melalui proses merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan mengevaluasi sumber-sumber belajar

2)    Memecahkan permasalahan belajar dengan memadukan berbagai bidang keilmuan secara terintegrasi

Ada banyak cara dan metode untuk meningkatkan kualitas kompetensi Sumber Daya Manusia untuk sekolah yang berbasis IT diantaranya adalah :

1.     Melakukan Pelatihan yang tujuannya adalah untuk mengembangkan individu, dalam hal meningkatkan pengetahuan, keterampilan yang dimiliki, serta sikap individu tersebut.

2.     Pendidikan.

3.     Pembinaan.

4.     Recruitment.

5.     Mengadakan Perubahan Sistem.

6.     Kesempatan.

7.     Penghargaan.

Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa dalam perencanaan pendidikan yang menitikberatkan kepada peningkatan kompetensi sumber daya manusia yang dilakukan pada sekolah berbasis IT (Teknologi Informasi) adalah suatu hal yang penting, karena bukan hanya tujuan yang ingin dicapai saja untuk mencetak lulusan yang mahir di bidang IT disertai dengan kemampuan Critical Thinking yang terdepan maka jajaran sumber daya manusia yaitu seorang pendidik lengkap dengan seluruh warga sekolah selaku pendukung pendidikan di suatu lembaga harus teredukasi dengan baik dan peka terhadap perubahan teknologi agar dapat menyesuaikan kebutuhan belajar yang seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi disekitarnya. Sehingga hasil yang didapatkan akan sesuai dengan tuntutan kebutuhan jamannya tanpa mengurangi kualitas lulusan yang baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi