Modul 3.2 Demonstrasi Kontekstual Pemimpin pengelola sumber daya
Setelah
sebelumnya saya dan rekan CGP lain berkolaborasi dan berdiskusi mengenai
pengelolaan dan pemetaan sumber daya atau aset sekolah secara berkelompok maka
saat ini pada tugas demonstrasi kontekstual adalah saatnya saya memetakan
sendiri aset yang ada di sekolah saya. Selama berkolaborasi bersama rekan CGP
saya jadi lebih memahami kekuatan setiap aset yang dimiliki sekolah, dan mulai
membuat pemetaan berdasarkan 7 modal yang sudah dijelaskan didalam modul 3.2.
Saya
bertugas di SMPN 5 Majalengka, dan apa saja yang sekolah kami kuasai adalah
sekolah kami mampu berkenbang sesuai dengan kemajuan IPTEK dan juga selalu
menerapkan IMTAK sesuai kodrat jaman seperti yang ada dalam filosofi Ki Hadjar
Dewantara dan kodrat alam yang disesuaikan dengan lingkungan sekolah dan latar
belakang murid.
Kemudian
apa saja yang paling kami banggakan dari sekolah dan dari murid-murid kami
yaitu :
1. Murid-murid yang selalu semangat
bersekolah dengan berangkat lebih pagi dan tidak pernah kesiangan, selalu
semangat belajar dan mengukir prestasi.
2. Sikap gotong royong, kekeluargaan dan
keagamaan yang baik dari seluruh warga sekolah.
3. Perilaku peduli lingkungan dan
menjaga kesehatan
4. Proses pembelajaran yang menyenangkan
5. Kearifan budaya lokal selalu
dilestarikan
Ada beberapa
hal yang membuat sekolah kami unik adalah :
1. Lingkungan sekolah yang dikellilingi
area persawahan dan pertanian sehingga membuat udara di sekitar sekolah masih
segar dan jauh dari kebisingan kota
2. Budaya daerah seperti perguruan bela
diri dan sanggar kesenian
3. Kegiatan extra dan intra sekolah
yang aktif untuk mengembangkan minat dan bakat murid
4. Kegiatan keagamaan yang rutin
dilaksanakan di sekolah.
Kekuatan yang
dimiliki oleh sekolah kami dan berharga untuk masyarakat atau komunitas sekitar
yaitu terdiri dari 7 modal aset :
1. Modal Manusia
·
Murid yang disiplin dan selalu tepat waktu
masuk sekolah (tidak pernah terlambat)
·
Kualifikasi pendidikan guru semua sudah S-1
dan ada beberapa yang sudah S-2 dan bersertifikasi
·
Tenaga kependidikan (TU) yang berkemampuan
administrasi dan IT yang baik
·
Kepala sekolah, pengawas dan komite yang
mendukung kegiatan sekolah
·
Orang tua siswa yang kooperatif
2. Modal Sosial
·
Murid yang religious dengan adanya mushola
sekolah yang bersih
·
Budaya toleransi dan saling menghargai
3. Modal Fisik
·
Mushola
·
Parkiran
·
Lapangan upacara dan olahraga
·
Ruang TU dan Ruang guru
·
Ruang kelas
·
Toilet
·
Kantin sekolah
·
Perpustakaan
·
Lab. IPA dan Komputer
·
Ruang seni/serba guna
·
Gudang
·
Ruang UKS
·
Ruang OSIS
4. Modal Lingkungan dan alam
·
Dikelilingi area persawanga, pegunungan dan
pertanian sehingga udara masih segar dan jauh dari kebisingan
·
Adanya pepohonan besar di area sekolah
·
Ada taman sekolah
5. Modal Finansial
·
Sumbangan/hibah dari pemerintah daerah
setempat
·
Adanya koperasi guru
·
Dana BOS
·
Bantuan PIP
·
APBD
·
Kewirausahaan mandiri
6. Modal Politik
·
Adanya kerjasama dengan Puskesmas setempat
untuk melaksanakan vaksinasi
·
Adanya kerjasama dengan Dinas kependudukan
setempat dalam pembuatan Akte, KTP dan Kartu keluarga
·
Adanya kerjasama dengan kepolisian dalam
kegiatan sosialisasi pada murid secara berkala
7. Modal budaya dan agama
·
Peringatan hari besar keagamaan bersama di
sekolah
· Kegiatan keagamaan rutin dilaksanakan
disekolah seperti kuliah duha, solat berjamaah, membaca Al Quran dan surat
pendek
·
Pelestarian budaya sunda lewat upacara adat
·
Pelestarian kesenian gamelan
·
Adanya peraturan atau tata tertib di area
sekolah
Setelah
melakukan pemetaan ke-7 modal aset sekolah dan juga ada hal yang sekolah
lakukan dan miliki lebih baik dari yang lain adalah dengan proses pembelajaran
berdiferensiasi disesuaikan dengan minat dan kemampuan murid sert pembelajaran
yang menyenangkan akan meningkatkan pemahaman dan life skill murid untuk dapat
mandiri, adaptif, disiplin, kreatif, bertanggung jawab sesuai profil pelajar
Pancasila.
Berikut
link dari Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 :
Komentar
Posting Komentar