Modul 3.2 Demonstrasi Kontekstual Pemimpin pengelola sumber daya

 

Oleh
Santi Hartini
CGP Angkatan 2
Kab.Majalengka

Setelah sebelumnya saya dan rekan CGP lain berkolaborasi dan berdiskusi mengenai pengelolaan dan pemetaan sumber daya atau aset sekolah secara berkelompok maka saat ini pada tugas demonstrasi kontekstual adalah saatnya saya memetakan sendiri aset yang ada di sekolah saya. Selama berkolaborasi bersama rekan CGP saya jadi lebih memahami kekuatan setiap aset yang dimiliki sekolah, dan mulai membuat pemetaan berdasarkan 7 modal yang sudah dijelaskan didalam modul 3.2.

Saya bertugas di SMPN 5 Majalengka, dan apa saja yang sekolah kami kuasai adalah sekolah kami mampu berkenbang sesuai dengan kemajuan IPTEK dan juga selalu menerapkan IMTAK sesuai kodrat jaman seperti yang ada dalam filosofi Ki Hadjar Dewantara dan kodrat alam yang disesuaikan dengan lingkungan sekolah dan latar belakang murid.

Kemudian apa saja yang paling kami banggakan dari sekolah dan dari murid-murid kami yaitu :

1.   Murid-murid yang selalu semangat bersekolah dengan berangkat lebih pagi dan tidak pernah kesiangan, selalu semangat belajar dan mengukir prestasi.

2.    Sikap gotong royong, kekeluargaan dan keagamaan yang baik dari seluruh warga sekolah.

3.   Perilaku peduli lingkungan dan menjaga kesehatan

4.   Proses pembelajaran yang menyenangkan

5.   Kearifan budaya lokal selalu dilestarikan

 

Ada beberapa hal yang membuat sekolah kami unik adalah :

1.    Lingkungan sekolah yang dikellilingi area persawahan dan pertanian sehingga membuat udara di sekitar sekolah masih segar dan jauh dari kebisingan kota

2.    Budaya daerah seperti perguruan bela diri dan sanggar kesenian

3.    Kegiatan extra dan intra sekolah yang aktif untuk mengembangkan minat dan bakat murid

4.    Kegiatan keagamaan yang rutin dilaksanakan di sekolah.

 

Kekuatan yang dimiliki oleh sekolah kami dan berharga untuk masyarakat atau komunitas sekitar yaitu terdiri dari 7 modal aset :

1.    Modal Manusia

·           Murid yang disiplin dan selalu tepat waktu masuk sekolah (tidak pernah terlambat)

·           Kualifikasi pendidikan guru semua sudah S-1 dan ada beberapa yang sudah S-2 dan bersertifikasi

·           Tenaga kependidikan (TU) yang berkemampuan administrasi dan IT yang baik

·           Kepala sekolah, pengawas dan komite yang mendukung kegiatan sekolah

·           Orang tua siswa yang kooperatif

 

2.    Modal Sosial

·           Murid yang religious dengan adanya mushola sekolah yang bersih

·           Budaya toleransi dan saling menghargai

3.    Modal Fisik

·           Mushola

·           Parkiran

·           Lapangan upacara dan olahraga

·           Ruang TU dan Ruang guru

·           Ruang kelas

·           Toilet

·           Kantin sekolah

·           Perpustakaan

·           Lab. IPA dan Komputer

·           Ruang seni/serba guna

·           Gudang

·           Ruang UKS

·           Ruang OSIS

4.    Modal Lingkungan dan alam

·           Dikelilingi area persawanga, pegunungan dan pertanian sehingga udara masih segar dan jauh dari kebisingan

·           Adanya pepohonan besar di area sekolah

·           Ada taman sekolah

5.    Modal Finansial

·           Sumbangan/hibah dari pemerintah daerah setempat

·           Adanya koperasi guru

·           Dana BOS

·           Bantuan PIP

·           APBD

·           Kewirausahaan mandiri

6.    Modal Politik

·           Adanya kerjasama dengan Puskesmas setempat untuk melaksanakan vaksinasi

·           Adanya kerjasama dengan Dinas kependudukan setempat dalam pembuatan Akte, KTP dan Kartu keluarga

·           Adanya kerjasama dengan kepolisian dalam kegiatan sosialisasi pada murid secara berkala

7.    Modal budaya dan agama

·           Peringatan hari besar keagamaan bersama di sekolah

·      Kegiatan keagamaan rutin dilaksanakan disekolah seperti kuliah duha, solat berjamaah, membaca Al Quran dan surat pendek

·           Pelestarian budaya sunda lewat upacara adat

·           Pelestarian kesenian gamelan

·           Adanya peraturan atau tata tertib di area sekolah

 

Setelah melakukan pemetaan ke-7 modal aset sekolah dan juga ada hal yang sekolah lakukan dan miliki lebih baik dari yang lain adalah dengan proses pembelajaran berdiferensiasi disesuaikan dengan minat dan kemampuan murid sert pembelajaran yang menyenangkan akan meningkatkan pemahaman dan life skill murid untuk dapat mandiri, adaptif, disiplin, kreatif, bertanggung jawab sesuai profil pelajar Pancasila.

Berikut link dari Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2 :

https://www.youtube.com/watch?v=clqWZPklGmI




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi