MODUL 3.3 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
MODUL
3.3 DEMONSTRASI KONTEKSTUAL
PENGELOLAAN
PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
“PENGELOLAAN
KEWIRAUSAHAAN DAERAH DI SEKITAR SEKOLAH DAN TEMPAT TINGGAL DALAM BENTUK VIDEO
BLOG (VLOG) DI SMPN 5 MAJALENGKA”
A.
Rancangan tindakan
I.
Latar
belakang
Mengembangkan
pola pikir murid, menumbuhkan karakter baik serta meningkatkan rasa peduli
terhadap lingkungan adalah latar belakang saya membuat program ini yaitu
program mengenai Pengelolaan
kewirausahaan daerah di sekitar sekolah dan tempat tinggal dalam bentuk video
blog(vlog) di SMPN 5 Majalengka.
Melihat potensi daerah di sekitar sekolah yang sebetulnya masih sangat banyak
yang dapat dikembangkan dan juga dapat dijadikan suatu mata pencaharian bagi
warga sekitanya, berbekal pengetahuan dari Modul 3.3 dan juga modul-modul
sebelumnya saya merancang suatu program yang berdampak langsung kepada murid
melalui kegiatan ini. Masa pandemi yang berkepanjangan yang membuat
pembelajaran daring atau BDR ini menjadikan murid banyak yang mengalami
penurunan aktivitas terutama di bidang akademik ataupun non akademik yang
berhubungan dengan pencapaian kurikulum sekolah yaitu termasuk juga pembentukan
karakter baik melalui budaya-budaya positif yang sulit diterapkan pada
pembelajaran daring. Dengan program ini saya harapkan murid dapat bangkit dan semangat
untuk melakukan kegiatan di luar rumah dan di luar sekolah untuk melestarikan
daerah di sekitar sekolah dan tempat tinggalnya, melalui panduan kegiatan yang
saya berikan juga tata cara untuk berkomunikasi yang baik mereka secara mandiri
melakukan kegiatan ini dengan tertib.
II.
Tujuan
Melalui
program ini saya memiliki tujuan tersendiri terutama yang dapat dirasakan
secara langsung oleh murid di sekolah saya yaitu di SMPN 5 Majalengka, tujuannya
adalah :
a.
Meningkatkan kepemimpinan murid melalui
pengelompokan murid berdasarkan domisili atau tempat tinggalnya, yaitu dengan
pengambilan keputusan dalam pemilihan tempat kewirausahaan daerah yang akan
mereka kunjungi
b.
Kemandirian murid yaitu dengan murid mengunjungi
sendiri ke tempat kewirausahaan tersebut secara langsung bersama teman satu
kelompoknya setelah saya berikan arahan dan instrument yang harus menreka
penuhi
c.
Kerja sama murid yaitu dengan berkelompok mereka
melatih kekompakan dan kerja sama tim dengan mendiskusikan pertanyaan apa saja
yang akan mereka sampaikan pada saat mengunjungi tempat tersebut
d.
Sosialisasi murid dengan lingkungan sekitar yaitu
dengan mereka berkomunikasi dengan pemilik dan semua orang yang berada dalam
tempat kewirausahaan daerah untuk mereka gali informasinya terkait pengelolaan
kewirausaan daerah tersebut
e.
Kreatifitas murid yaitu dengan melakukan kreasi
didalam hasil Video Blog yang mereka buat melalui berbagai aplikasi kekinian
yang sedang digandrungi pada usia remaja sehingga penggunaan aplikasi tersebut
juga dapat bermanfaat untuk pembelajaran
f.
Sekolah dan warga sekolah termasuk guru dan kepala
sekolah juga dapat mengetahui kegiatan program ini sehingga dapat memberikan
arahan dan stimulus yang baik kepada murid untuk dapat mengetahui sistem
pengelolaan kewirausaan daerah yang dapat melestarikan budaya dan potensi yang
ada disekitarnya
g.
Orangtua murid dapat melihat kegiatan positif pada
anak-anaknya yang berlangsung di luar rumah dan di luar sekolah
h.
Bagi masyarakat sekitar juga dapat melihat reputasi
sekolah SMPN 5 Majalengka melalui kegiatan yang dilakukan oleh murid-muridnya
III.
Tolok
ukur
Dengan
dukungan dari semua warga sekolah dan semangat belajar dari setiap murid, guru
dan tenaga kependidikan yang semakin menguatkan untuk melaksanakan aksi ini,
melihat visi yang sama yaitu untuk peningkatan mutu murid serta sekolah yang
berujung pada proses pembelajaran yang berpihak pada murid dan peningkatan
kualitas sekolah. Sehingga saya yakin program ini dapat berjalan dengan baik
dan berhasil sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dan disaat murid
memperlihatkan hasil kegiatan mereka dalam bentuk video blog yang mereka
kreasikan sendiri lengkap beserta pelaporan dan refleksi kegiatan yang telah
mereka lakukan maka disitulah saya merasakan keberhasilan dari program ini
telah terlaksana dengan baik.
IV.
Linimasa
tindakan
Linimasa
tindakan yang akan dilakukan melalui metode BAGJA, yaitu
1. Buat Pertanyaan, pertanyaan yang
dibuat untuk mengarahkan kepada penelusuran hal yang akan dilakukan pada
program ini.
a. Bagaimana cara meningkatkan kepemimpinan
murid dan kepedulian murid terhadap kewirausahaan daerah di lingkungan sekolah
dan sekitarnya?
2. Ambil Pelajaran,
disini akan menceritakan mengenai pengalaman baik ataupun prestasi yang pernah
terjadi yang berhubungan dengan program yang disusun.
a. Pada
kegiatan sebelumnya pernah dilakukan yaitu murid melakukan pendataan
kewirausahaan daerah dengan membuat suatu catatan atau artikel dalam blog
catatan siswa yang seudah dibuat sebelumnya, dan murid pun senang menuangkan
ide-idenya dengan menuliskan jenis-jenis kewirausahaan yang ada di sekitar
rumahnya.
3. Gali Mimpi, membuat
gambaran mengenai kegiatan ideal yang diharapkan, meliputi waktu pelaksanaan
program, rincian kegiatan yang dilakukan murid, peran guru dan orang tua dalam
program tersebut dan bentuk apresiasi terhadap program yang direncanakan.
a. Program
direncanakan akan dilaksanakan pada awal bulan Oktober 2021, dan dilaksanakan di
kelas 9 dan dilakukan setiap minggu sesuai jadwal per kelas.
b. Dengan
rincian kegiatan murid :
i.
Murid segera menjalankan program ini
sesuai target waktu yang telah ditentukan yaitu 2 minggu.
ii.
Murid melakukan kegiatan mengunjungi
tempat kewirausahaan daerah sesuai dengan domisilinya dan melakukan wawancara
dengan pemilik tempat lalu merekan kegiatan tersebut dalam bentuk video lengkap
dengan tahapan editing yang kreatif sesuai dengan kemampuan murid.
c. Guru
menjadi contoh dengan memberikan tayangan video yang serupa dengan tugas yang
diberikan, tahapan wawancara yang baik dan cara menyusun pertanyaan yang tepat
dengan bahasa yang baik, lalu menyampaikan contoh aplikasi editing yang mudah
digunakan.
d. Orang
tua berperan untuk memberikan informasi mengenai kewirausahaan yang ada di
daerah tempat tinggalnya dan memandu anak untuk melakukan kegiatan yang sesuai
dengan tujuan yang diharapkan.
e. Apresiasi
terhadap murid yaitu dengan memberikan pujian dan juga reward untuk kelompok
yang mengumpulkan tugas tersebut secara tepat waktu.
4. Jabarkan Rencana, membuat
strategi seperti apa saja untuk mencapai mimpi mulai dari perencanaan,
monitoring, pelaporan dan evaluasi kegiatan.
a. Menyampaikan
rencana program dengan kepsek dan wakasek
b. Menjadwalkan
rapat untuk mensosialisasikan program
c. Sosialisasi
terhadap murid dan orang tua
d. Mengapresiasi
murid yang telah melakukan kegiatan program
e. Membuat
pelaporan sebagai agenda kegiatan yang dilakukan
f. Monitoring
dan evaluasi kegiatan
5. Atur Eksekusi, yaitu
menentukan inti dari program yang direncanakan, meliputi siapa
koordinator/penanggungjawab, siapa yang melakukan monitoring dan evaluasi, siapa
yang membuat laporan program dan bagaimana cara mengkomunikasikan program
tersebut.
a. Penanggung
jawab : Kepala Sekolah
b. Pengarah
kegiatan : Guru
c. Koordinator
kegiatan : Murid yang tunjuk sebagai
ketua disetiap kelompok
d. Pelaporan
kegiatan : Guru
e. Koordinasi
dilakukan rutin setiap rapat, untuk mengkomunikasikan progress dari kegiatan
yang berlangsung
f. Evaluasi
dilakukan rutin pada saat rapat guru, untuk melihat ketercapaian dan umpan
balik seperti apa saja yang diberikan.
V.
Dukungan
yang dibutuhkan
Dukungan
yang dibutuhkan tentunya dari seluruh warga sekolah dan seluruh pihak yang
terkait dan mengikuti aksi ini, juga tidak lupa keterlibatan orang tua agar
anaknya aktif berperan dalam masyarakat. Untuk sarana prasarana sendiri
dilengkapi oleh murid yaitu menggunakan smartphone yang dimiliki oleh murid
dengan spesifikasi sedang saja dan hanya perwakilan dari setiap kelompoknya.
Untuk semua kebutuhan sudah tersedia dengan baik dan cukup untuk melaksanakan
kegiatan program ini. Adapun kekurangan yang dibutuhkan pada saat pelaksanaannya
akan dikomunikasikan dengan baik terhadap guru dan juga pihak yang memiliki
kewenangan.
B.
Rencana MELR (Monitoring, Evaluating, Learning and
Reporting)
a. Pertanyaan Kunci
Pertanyaan Kunci Evaluasi Program |
Beberapa contoh kalimat tanya yang
digunakan:
|
b. Fokus Monitoring
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan
Utama Monitoring |
Bagaimana kegiatan
program pengelolaan kewirausahaan daerah sekitar sekolah dan tempat tinggal
ini dapat berjalan ? |
Untuk memastikan
kegiatan berjalan dengan baik guru yang bersangkutan melakukan pemantauan
melalui fasilitas Whatsapp |
Bagaimana sikap dan
kerja sama teman satu kelompok pada saat melakukan kunjungan ke tempat
kewirausahaan daerah? |
c. Metode Penggalian Data
Pertanyaan Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan/ Bagaimana |
Apakah pemilihan
tempat kewirausahaan daerah yang ditentukan kelompok sudah tepat?
|
Murid, guru |
Wawancara |
Pada saat kegiatan
berjalan |
d. Strategi Pengolahan Data
Pertanyaan Monitoring |
Data yang terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan Khusus,
Pengecualian,dll |
Bagaimana pembagian
peran dalam kelompok? Apakah sudah sesuai dna menjalankan tugasnya ? |
Seluruh anggota
kelompok berkumpul dan melaksanakan perannya dengan baik |
Kegiatan program
berjalan dengan lancer dan tertib |
Ada 2 orang murid
tidak mengikuti dikarenakan sakit maka dilakukan pengecualian terhadapnya |
e. Pembelajaran Program
Faktor-Faktor
Pendukung Pelaksanaan Program |
Faktor-Faktor
Penghambat Pelaksanaan Program |
Pembelajaran |
Kerja sama kelompok yang sudah baik |
Beberapa murid memiliki kesibukan yang berbeda sehingga sulit
menentukan waktu agar dapat datang semuanya |
Dilakukan penjadwalan dalam satu minggu untuk setiap murid agar
terlihat waktu yang tepat untuk melaksanakan kegiatan |
f. Pelaporan Program
LAPORAN PELAKSANAAN
PROGRAM |
Gambaran Umum Program: Program yang
dilaksanakan adalah Pengelolaan kewirausahaan daerah
di sekitar sekolah dan tempat tinggal dalam bentuk video blog(vlog) di
SMPN 5 Majalengka, pada kegiatan
ini setiap kelas dibagi kedalam 4 kelompok murid yang disesuaikan dengan
domisili tempat tinggalnya untuk kemudian dilakukan kegiatan mengunjungi
tempat-tempat kewirausahaan daerah yang ada di sekitar tempat tinggalnya,
dengan bantuan orang tua murid untuk memberikan informasi mengenai tempat apa
saja yang ada disekitar rumah nya dan arahan dari guru dalam penyusunan
tahapan wawancara dan contoh video blog yang baik yang harus disajikan
sebagai produk dari program ini. |
Deskripsi Pelaksanaan Program: - Waktu Pelaksanaan : Di awal bulan Oktober 2021 (selama 4
minggu) - Strategi
Pelaksanaan Program : Kelompok
murid dibagi sesuai dengan domisili tempat tinggalnya
sebagai upaya pemerataan tempat kewirausahaan daerah yang berbeda-beda dan dapat menyajikan informasi baru
bagi murid ataupun guru. - Faktor Pendukung dan Penghambat
Program : Pendukung : Arahan orang tua
murid, kepemilikan smartphone murid, akses tempat kewirausahaan daerah, guru Penghambat : Menentukan waktu yang tepat agar seluruh murid dalam
kelompok dapat menghadiri
kegiatan bersama - Hasil Pelaksanaan
Program : Program berjalan dengan
baik, dalam waktu 1 minggu saja beberapa
kelompok murid sudah ada yang memberikan atau menyetorkan hasilnya kepada guru dan yang lainnya bertahap,
dan hasil dari Vlog yang diberikan sangat memuaskan
dengan melihat murid mandiri dan
bertanggung jawab dalam melakukan kegiatannya.
Vlog juga disaksikan beberapa guru
dan juga Kepala Sekolah dengan apresiasi
dan umpan balik yang baik |
Evaluasi Program: Program seperti ini
baik sekali dilakukan karena dalam setiap kegiatannya banyak pelajaran yang tertanam
tanpa disadari oleh murid secara langsung. Seperti dalam memilih tempat
kewirausahaan daerah setiap murid dalam kelompok mengemukakan pendapatnya
sesuai dengan pengetahuannya yaitu tempat-tempat yang mereka ketahui,
kemudian dalam menentukan satu tempat yang akan dikunjungi secara tidak
langsung mereka menentukan kemudahan akses menuju tempat, kepemilikan tempat
dan juga jenis tempatnya, lalu pada saat memilih waktu kegiatan mereka
mengemukakan atau berdiskusi untuk memilih waktu yang tepat agar seluruh
anggota kelompok dapat hadir. Kepemimpinan dan kemandirian terlihat disaat
mereka menentukan pertanyaan apa saja untuk ditanyakan saat wawancara dan
juga keberanian berhadapan langsung untuk melakukan wawancara. Yang terakhir
adalah kreatifitas dalam melakukan perekaman dan editing video untuk
ditampilkan semenarik mungkin. |
Pembelajaran Program: Dalam pelaksanaan program ada beberapa murid
tidak dapat mengikuti dikarenakan sakit. Kemudian dari program yang
dilaksanakan guru dapat mengetahui kemampuan murid sesuai pembagian peran
yang dilakukan di kelompoknya |
- Manajemen Risiko
a.
Identifikasi
risiko, yaitu dengan meninjau hal yang terjadi termasuk ke dalam risiko
strategis dimana dalam pencapaian tujuan mengalami kendala, sehingga harus
diperhitungkan kembali jenis kegiatan, kemampuan siswa, akses menuju tempat
kewirausahaan daerah yang dipilih dan kondisi cuaca dan lingkungan atau dengan
kata lain menentukan termasuk kedalam risiko internal atau external ataupun
keduanya dalam kegiatan tersebut.
b. Pengukuran risiko, yaitu melakukan
pengukuran terhadap kemungkinan risiko yang akan muncul atau terjadi apakah
termasuk kedalam risiko frekuensi tinggi ataupun signifikansi rendah berdasarkan
kejadian lalu yang pernah terjadi di tempat kewirausahaan daerah yang akan
dikunjungi murid
c. Strategi pengendalian risiko, dengan
melihat kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada dan sudah pernah
terjadi di kegiatan sebelumnya, apakah akan menerapkan strategi menghindari
resiko atau strategi lainnya.
d. Evaluasi, tahapan ini penting dilakukan sebagai upaya pengujian dalam lancarnya setiap kegiatan yang dilakukan oleh murid.
Kondisi saat ini |
Kondisi yang akan
datang |
Risiko |
||||
Strategis |
Keuangan |
Operasional |
Pemenuhan |
Reputasi |
||
Ada
beberapa murid dan guru belum mengetahui jenis-jenis kewirausahaan daerah
disekitarnya, dan penting untuk diketahui pengelolaannya sebagai aset daerah
sekitar sekolah yang mendukung kedalam pembelajaran murid |
Bahwa
kewirausahaan daerah sekitar sekolah ataupun tempat tinggal murid dapat
dikelola dengn baik dan juga diperkenalkan kepada pihak lain sebagai
informasi dan promosi usaha tersebut melalui kemasan menarik hasil karya
murid yang dipublikasikan melalui media social sekolah. |
Semua
murid menuangkan idenya masing-masing kedalam macam pertanyaan wawancara dan
juga pilihan aplikasi untuk pembuatan VLOG, guru menstimulus murid untuk
melakukan tahapan dengan baik |
Modal
financial ada pada dana BOS sekolah dalam upaya melengkapi sarana prasarana
pendukung kegiatan, dan pribadi murid |
Murid
melaksanakan kegiatan dengan baik sesuai jadwal dan agenda yang sudah disusun
sebelumnya, begitupun guru yang setiap saat bersedia untuk berdiskusi dengan
murid yang mengalami kendala |
Semua
sarana pendukung sudah ada dengan baik |
Pelaksanaan
kegiatan dilakukan dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu, dan hal yang
mengganggu keberlangsungan kegiatan segera dilakukan perbaikan agar program
tetap berjalan dengan baik. |
- Dokumentasi Kegiatan
Link video pada youtube
untuk kegiatan pengarahan dari guru sebelum kegiatan program dilakukan :
https://www.youtube.com/watch?v=RP72IA1sC4g
Link VLOG hasil karya murid :
Komentar
Posting Komentar