MODUL 3.3 EKSPLORASI KONSEP - PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH
EKSPLORASI KONSEP
MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
1. Dari
tayangan tentang bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid, tuliskan
dampak pada murid yang dapat Anda amati dari program-program yang ada dalam
tayangan video.
Nama program |
|
Kegiatan
pembelajaran dimana murid langsung terlibat dalam design pembelajaran |
Murid terlihat
menikmati pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengekspresikan semua yang
dirasakannya melalui berbagai media pembelajaran yang disediakan, murid juga
dapat mendesign dan memvisualisasikan tata letak sekolah dengan baik dengan
merangsang daya bangun ruang pada pemikirannya. |
Pesan kemanusiaan
dan pembentukan karakter melalui setiap mata pelajaran |
Melalui pesan-pesan
kemanusiaan yang disampaikan pada setiap mata pelajaran melalui perpanjangan
tangan para guru mata pelajaran yang disampaikan setiap kegiatan pembelajaran
berlangsung, pesan tersebut selalu disampaikan untuk merefleksikan nilai dan
perasaan murid dalam proses pembentukan karakter murid. Sehingga murid
terlihat lebih fokus dan menghargai setiap tahapan pembelajaran yang
berlangsung untuk menjaga situasi pembelajaran yang kondusif. |
Kepemimpinan Kepala
Sekolah yang inovatif |
Melalui
kepemimpinan kepala sekolah yang inovatif sebagai pondasi utama perkembangan
mutu sekolah secara fisik, murid pun terlihat bersemangat bekerja sama dengan
fasilitas sekolah yang baru dan mendukung situasi belajar yang nyaman. |
Sekolah Adiwiyata |
Murid terlihat
memiliki rasa disiplin dan tanggung jawab yang tinggi untuk menjaga
kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah. |
Sekolah Alam |
Meningkatkan rasa
syukur murid terhadap alam sekitar dan meningkatkan kepedulian murid dalam
pelestarian alam. |
Program yang
melibatkan peran serta masyarakat |
Meningkatkan
kemampuan sosialisasi murid terhadap masyarakat sekitar sekolah dan juga
masyarakat di lingkungan tempatnya berada. |
2. Refleksikan
program-program yang telah dilaksanakan di sekolah Anda. Apakah program-program
tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan
berikut:
a.
Apa nama dan tujuan program?
Nama program budaya
menulis/blogging murid dan guru sebagai upaya meningkatkan pemahaman dari hasil
literasi.
b.
Apa saja aktivitas yang ada dalam program (Apa yang dilakukan
murid/guru/kepala sekolah jika ada?)
Pada program ini murid
secara rutin menuliskan hasil literasinya kedalam tulisan, artikel, tips and
trik, puisi ataupun cerita pendek sesuai dengan minat dan kemampuan murid yang
diketikan secara perorang ke dalam Blog catatan siswa dan guru yang sudah
dibuat sebelumnya. Sama halnya dengan para guru juga menuangkan tulisan dalam
berbagai bentuk produknya ke dalam Blog yang sama sebagai upaya peningkatan
pemahaman literasi dan juga pengembangan kemampuan di bidang IT.
c.
Apa dampak yang dapat diamati pada murid?
1. Murid
terlihat senang dan antusias memikirkan produk apa yang akan mereka tuangkan
kedalam tulisan karya mereka
2. Murid
melakukan konsep pada buku catatan mereka sebagai wujud perencanaan kerangka
tulisan yang akan dibuatnya
3. Murid
melatih kemampuannya mengoprasikan komputer terutama pada saat melakukan
pengetikan pada Blog yang telah dibuat bersama-sama sebelumnya
d.
Apakah program yang Anda ceritakan di atas sudah mengikuti tahapan
BAGJA?
Ya, karena semua tahapan
sudah melalui setiap tahapan BAGJA dengan sebaik mungkin.
3. Setelah
mengetahui bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggung jawabkan, mulai dari
perencanaan, monitoring, evaluasi hingga pelaporan, apakah program sekolah yang
Anda ceritakan di atas sudah memperhatikan hal-hal tersebut?
Ya sudah, dimulai dari
perencanaan yaitu suatu tuntutan untuk penguasaan IT pada murid dan guru dan
juga agar dapat memahami hasil literasi sebagai penambahilmu pengetahuan dan
menjadikan referensi untuk pengembangan kemampuan menulis pada murid dan guru,
kemudian monitoring yang dilakukan untuk setiap kegiatan dan tahapannya dengan
mempertimbangkan pencapaian dan waktu, dan pada tahapan evaluasi dilihat hal
apa yang perlu di benahi dan diperbaiki pada pertemuan kegiatan selanjutnya,
yang terakhir adalah pelaporan sebagai wujud agenda dan pencatatan di setiap
kegiatannya.
4. Berikan
catatan Anda tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh sekolah
dalam merencanakan dan mengelola program yang Anda ceritakan di atas.
Kondisi saat ini |
Kondisi yang akan datang |
Risiko |
||||
Strategis |
Keuangan |
Operasional |
Pemenuhan |
Reputasi |
||
Ada beberapa murid
dan guru yang masih belum cakap dalam menuangkan hasil literasinya kedalam
kecakapan dalam menulis |
Hasil literasi tidak
hanya memperkaya khasanah pengetahuan dirinya saja akan tetapi menambah
kemampuan menulis dan implementasi pengetahuan dalam berbagai produk tulisan
dengan dukungan IT. |
Semua murid dan
guru menuangkan idenya masing-masing kedalam berbagai pilihan produk tulisan |
Modal financial ada
pada dana BOS sekolah dalam upaya melengkapi sarana prasarana pendukung
kegiatan |
Murid dan guru
melaksanakan kegiatan dengan baik sesuai jadwal dan agenda yang sudah disusun
sebelumnya |
Semua sarana
pendukung sudah ada dengan baik |
Pelaksanaan
kegiatan dilakukan dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu, dan hal yang
mengganggu keberlangsungan kegiatan segera dilakukan perbaikan agar program
tetap berjalan dengan baik. |
Komentar
Posting Komentar