MODUL 3.3 EKSPLORASI KONSEP - PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH


 

EKSPLORASI KONSEP

MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

1.      Dari tayangan tentang bentuk-bentuk program yang berdampak pada murid, tuliskan dampak pada murid yang dapat Anda amati dari program-program yang ada dalam tayangan video.

 

Nama program

Dampak pada murid yang dapat diamati

Kegiatan pembelajaran dimana murid langsung terlibat dalam design pembelajaran

Murid terlihat menikmati pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengekspresikan semua yang dirasakannya melalui berbagai media pembelajaran yang disediakan, murid juga dapat mendesign dan memvisualisasikan tata letak sekolah dengan baik dengan merangsang daya bangun ruang pada pemikirannya.

Pesan kemanusiaan dan pembentukan karakter melalui setiap mata pelajaran

Melalui pesan-pesan kemanusiaan yang disampaikan pada setiap mata pelajaran melalui perpanjangan tangan para guru mata pelajaran yang disampaikan setiap kegiatan pembelajaran berlangsung, pesan tersebut selalu disampaikan untuk merefleksikan nilai dan perasaan murid dalam proses pembentukan karakter murid. Sehingga murid terlihat lebih fokus dan menghargai setiap tahapan pembelajaran yang berlangsung untuk menjaga situasi pembelajaran yang kondusif.

Kepemimpinan Kepala Sekolah yang inovatif

Melalui kepemimpinan kepala sekolah yang inovatif sebagai pondasi utama perkembangan mutu sekolah secara fisik, murid pun terlihat bersemangat bekerja sama dengan fasilitas sekolah yang baru dan mendukung situasi belajar yang nyaman.

Sekolah Adiwiyata

Murid terlihat memiliki rasa disiplin dan tanggung jawab yang tinggi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan sekolah.

Sekolah Alam

Meningkatkan rasa syukur murid terhadap alam sekitar dan meningkatkan kepedulian murid dalam pelestarian alam.

Program yang melibatkan peran serta masyarakat

Meningkatkan kemampuan sosialisasi murid terhadap masyarakat sekitar sekolah dan juga masyarakat di lingkungan tempatnya berada.

 

2.      Refleksikan program-program yang telah dilaksanakan di sekolah Anda. Apakah program-program tersebut sudah berdampak pada murid? Pilih satu program dan jawab pertanyaan berikut:

a.     Apa nama dan tujuan program?

Nama program budaya menulis/blogging murid dan guru sebagai upaya meningkatkan pemahaman dari hasil literasi.

 

b.     Apa saja aktivitas yang ada dalam program (Apa yang dilakukan murid/guru/kepala sekolah jika ada?)

Pada program ini murid secara rutin menuliskan hasil literasinya kedalam tulisan, artikel, tips and trik, puisi ataupun cerita pendek sesuai dengan minat dan kemampuan murid yang diketikan secara perorang ke dalam Blog catatan siswa dan guru yang sudah dibuat sebelumnya. Sama halnya dengan para guru juga menuangkan tulisan dalam berbagai bentuk produknya ke dalam Blog yang sama sebagai upaya peningkatan pemahaman literasi dan juga pengembangan kemampuan di bidang IT.

 

c.     Apa dampak yang dapat diamati pada murid?

1.      Murid terlihat senang dan antusias memikirkan produk apa yang akan mereka tuangkan kedalam tulisan karya mereka

2.      Murid melakukan konsep pada buku catatan mereka sebagai wujud perencanaan kerangka tulisan yang akan dibuatnya

3.      Murid melatih kemampuannya mengoprasikan komputer terutama pada saat melakukan pengetikan pada Blog yang telah dibuat bersama-sama sebelumnya

 

d.     Apakah program yang Anda ceritakan di atas sudah mengikuti tahapan BAGJA?

Ya, karena semua tahapan sudah melalui setiap tahapan BAGJA dengan sebaik mungkin.

 

3.      Setelah mengetahui bagaimana sebuah pelaporan harus dipertanggung jawabkan, mulai dari perencanaan, monitoring, evaluasi hingga pelaporan, apakah program sekolah yang Anda ceritakan di atas sudah memperhatikan hal-hal tersebut?

Ya sudah, dimulai dari perencanaan yaitu suatu tuntutan untuk penguasaan IT pada murid dan guru dan juga agar dapat memahami hasil literasi sebagai penambahilmu pengetahuan dan menjadikan referensi untuk pengembangan kemampuan menulis pada murid dan guru, kemudian monitoring yang dilakukan untuk setiap kegiatan dan tahapannya dengan mempertimbangkan pencapaian dan waktu, dan pada tahapan evaluasi dilihat hal apa yang perlu di benahi dan diperbaiki pada pertemuan kegiatan selanjutnya, yang terakhir adalah pelaporan sebagai wujud agenda dan pencatatan di setiap kegiatannya.

 

4.      Berikan catatan Anda tentang identifikasi risiko yang dilakukan oleh  sekolah dalam merencanakan dan mengelola program yang Anda ceritakan di atas.

Kondisi saat ini

Kondisi yang akan datang

Risiko

Strategis

Keuangan

Operasional

Pemenuhan

Reputasi

Ada beberapa murid dan guru yang masih belum cakap dalam menuangkan hasil literasinya kedalam kecakapan dalam menulis

Hasil literasi tidak hanya memperkaya khasanah pengetahuan dirinya saja akan tetapi menambah kemampuan menulis dan implementasi pengetahuan dalam berbagai produk tulisan dengan dukungan IT.

Semua murid dan guru menuangkan idenya masing-masing kedalam berbagai pilihan produk tulisan

Modal financial ada pada dana BOS sekolah dalam upaya melengkapi sarana prasarana pendukung kegiatan

Murid dan guru melaksanakan kegiatan dengan baik sesuai jadwal dan agenda yang sudah disusun sebelumnya

Semua sarana pendukung sudah ada dengan baik

Pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan sebaik-baiknya dan tepat waktu, dan hal yang mengganggu keberlangsungan kegiatan segera dilakukan perbaikan agar program tetap berjalan dengan baik.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi