MODUL 3.3 AKSI NYATA- PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

MODUL 3.3 AKSI NYATA

REFLEKSI AKSI NYATA

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

“PENGELOLAAN KEWIRAUSAHAAN DAERAH DI SEKITAR SEKOLAH DAN TEMPAT TINGGAL DALAM BENTUK VIDEO BLOG (VLOG) DI SMPN 5 MAJALENGKA”


 


  1. Deskripsi singkat

            Mengembangkan pola pikir murid, menumbuhkan karakter baik serta meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan adalah latar belakang saya membuat program ini yaitu program mengenai Pengelolaan kewirausahaan daerah di sekitar sekolah dan tempat tinggal dalam bentuk video blog(vlog)  di SMPN 5 Majalengka yang paling utamanya adalah kemampuan mereka bersosialisasi dan berkomunikasi dalam segala bentuk seperti komunikasi melalui kata-kata, bahasa tubuh ataupun yang berkaitan dengan sopan santun dan kemampuan menempatkan diri. Selain itu melihat potensi daerah di sekitar sekolah yang sebetulnya masih sangat banyak yang dapat dikembangkan dan juga dapat dijadikan suatu mata pencaharian bagi warga sekitanya, berbekal pengetahuan dari Modul 3.3 dan juga modul-modul sebelumnya saya merancang suatu program yang berdampak langsung kepada murid melalui kegiatan ini. Dan akan banyak sekali yang dipelajari oleh murid pada kegiatan ini, mulai dari pengalaman yang akan didapatkan, situasi yang dialami dan juga kerjasama antar anggota kelompok yang dibangun dalam menyusun kegiatan ini secara bersama terutama cara berkomunikasi yang baik dan tepat sesuai dengan lawan bicara yang akan mereka hadapi di tempat kewirausahaan daerah yang mereka pilih. Dan juga akan memunculkan ide-ide baru lainnya dalam benak murid untuk melakukan berbagai macam kewirausahaan kelak di masa yang akan datang.

            Yang dilakukan pada saat melakukan aksi nyata yaitu murid bersama kelompoknya melakukan :

1.      Menganalisis bersama mengenai jenis kewirausahaan yang ada disekitar daerah tempat tinggal mereka, lalu menuliskan sebanyak-banyaknya kemudian memilih 1 tempat yang akan mereka kunjungi bersama

2.      Menyusun pertanyaan untuk wawancara di tempat kewirausahaan yang mereka pilih dengan petunjuk dan instrument yang diberikan oleh guru

3.      Mengkomunikasikan dengan guru mengenai pemilhan kewirausaan daerah dan juga rancangan wawancara yang akan dilaksanakan

4.      Murid menentukan jadwal bersama kapan waktu kunjungan akan dilakukan bersama

5.      Murid melakukan kunjungan ke tempat kewirausahaan daerah dengan melakukan dokumentasi melaui photo dan video selama kunjungan dan wawancara.

6.      Murid melakukan editing video sesuai kreatifitas mereka masing-masing dan mengirimkan hasilnya kepada guru

 

              Alasan menyusun program ini yaitu seperti yang sudah disampaikan pada latar belakang penyusunan program salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan murid dalam berkomunikasi dan juga menstimulus kreatifitas murid untuk memunculkan ide-ide baru. Sedangkan alasan pribadi lainnya adalah agar murid dapat melihat potensi yang ada di sekitar tempat tinggalnya untuk kemudian hari mereka dapat menguatkan potensi yang ada di daerahnya yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan untuk dirinya dan juga masyarakat sekitarnya.

              Hasil dari aksi  nyata yang sudah dilaksanakan ini adalah sangat diluar prediksi saya secara pribadi karena murid sangat antusias untuk mengerjakan program ini karena ketertarikan mereka melakukan kegiatan kelompok bersama di luar area sekolah dengan melibatkan aplikasi editing video dan audio yang memang sedang popular dikalangannya, mereka mengumpulkan tugas tepat waktu dan dengan hasil yang natural dan memuaskan sesuai dengan poin-poin tujuan yang ditetapkan sebelumnya.

 

            Berikut link video dan juga dokumentasi program :

Link video pada youtube untuk kegiatan pengarahan dari guru sebelum kegiatan program dilakukan :

https://www.youtube.com/watch?v=RP72IA1sC4g

Link VLOG hasil karya murid :

https://www.youtube.com/watch?v=L21zGYBdhy4









 


 

 

 

 

  1. Perasaan ketika dan setelah menjalankan aksi nyata

Perasaan saya ketika menjalankan program ini adalah sangat senang tentunya karena dengan melihat antusiasme murid dalam bertanya dan juga melihat reaksi mereka ketika berdiskusi dengan temannya dalam melakukan pendataan tempat-tempat kewirausahaan daerah di sekitar tempat tinggalnya, hampir semua murid mengemukakan pendapatnya dengan semangat, murid juga selalu mengkomunikasikan berbagai kendala dengan baik, kemudian pada saat pengumpulan hasil video tersebut tepat waktu dan hasilnya sangat memuaskan hal-hal seperti itu adalah pemandangan yang sangat memuaskan bagi saya selaku guru yang terkadang merasa masih belum optimal dalam pembelajaran dan dalam hal memberikan teladan yang baik bagi mereka, dengan melihat semangat mereka untuk belajar dan memenuhi tugas-tugasnya itulah energy bagi saya untuk terus belajar dan memberikan yang terbaik bagi mereka dengan terus mengembangkan kemampuan diri saya pribadi dan juga memberikan dampak yang baik kepada rekan guru dan juga seluruh warga sekolah demi meningkatkan mutu pendidikan.

Setelah selesai program ini saya merasa bersemangat untuk merancang program-program sekolah lainnya yang berdampak pada murid dengan melibatkan lebih banyak lagi unsure dan aset sekolah.

 

  1. Pembelajaran yang didapat

Untuk pembelajaran yang saya dapatkan dari program ini adalah bahwa ternyata semua murid mampu berpendapat untuk sesuatu hal yang memang mereka ketahui walaupun hanya sedikit, yang utama adalah mereka berani mengungkapkan pendapat tersebut. Kepemimpinan murid juga terlihat pada saat mereka mengambil keputusan untuk memilih tempat kewirausahaan yang mereka pilih untuk dikunjungi, dalam menentukan pertanyaan yang beragam demi mencapai tujuan yang diberikan oleh guru, ternyata banyak hal yang bisa diasah dari anak terkait pembelajaran berdiferensiasi juga melibatkan PSE sebagai control dan toleransi dalam berkelompok. Keberhasilan program ini yaitu dengan murid mengumpulkan vlognya tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati dan seluruh murid merefleksikan dengan baik hasil kerja kelompoknya walaupun ada beberapa hal yang mereka ungkapkan sebagai kendala seperti kesulitan menentukan jadwal agar seluruh anggota kelompok dapat hadir semua, dan juga pada saat mengunjungi tempat yang dipilihnya mereka tidak dapat bertemu pemiliknya secara langsung hanya karyawan atau perwakilannya saja akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi inti dari program ini karena masih dapat terpenuhi dengan baik dan juga ada solusi yang didapatkan untuk tetap melaksanakan kegiatan dengan lancar.

 

  1. Rencana perbaikan

Untuk program yang sama seperti ini akan dilakukan program perbaikan dengan melihat hasil dari murid mungkin dari segi durasi vlog agar lebih lama dan lebih tenang lagi tidak terkesan terburu-buru dan untuk selanjutnya akan disertai dengan sedikit tulisan didalam vlog tersebut apabila audionya terdapat noise atau terganggu suara-suara lain di tempat kewirausahaan yang dikunjungi, dapat juga di lakukan dubbing atau pengisian suara yang dilakukan secara terpisah untuk mengoptimalkan hasil vlog yang akan disaksikan oleh banyak orang sehingga orang yang menyaksikan tersebut dapat memahami isi vlog tersebut dan dapat mengambil informasi yang baik sebagai upaya pelestarian kewirausahaan daerah di sekitar sekolah dan tempat tinggal murid.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi