MODUL 3.3 AKSI NYATA- PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
MODUL
3.3 AKSI NYATA
REFLEKSI
AKSI NYATA
PENGELOLAAN
PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
“PENGELOLAAN
KEWIRAUSAHAAN DAERAH DI SEKITAR SEKOLAH DAN TEMPAT TINGGAL DALAM BENTUK VIDEO
BLOG (VLOG) DI SMPN 5 MAJALENGKA”
- Deskripsi
singkat
Mengembangkan pola pikir
murid, menumbuhkan karakter baik serta meningkatkan rasa peduli terhadap
lingkungan adalah latar belakang saya membuat program ini yaitu program
mengenai Pengelolaan kewirausahaan daerah
di sekitar sekolah dan tempat tinggal dalam bentuk video blog(vlog) di SMPN
5 Majalengka yang paling utamanya adalah kemampuan mereka bersosialisasi
dan berkomunikasi dalam segala bentuk seperti komunikasi melalui kata-kata,
bahasa tubuh ataupun yang berkaitan dengan sopan santun dan kemampuan
menempatkan diri. Selain itu melihat potensi daerah di sekitar sekolah yang
sebetulnya masih sangat banyak yang dapat dikembangkan dan juga dapat dijadikan
suatu mata pencaharian bagi warga sekitanya, berbekal pengetahuan dari Modul
3.3 dan juga modul-modul sebelumnya saya merancang suatu program yang berdampak
langsung kepada murid melalui kegiatan ini. Dan akan banyak sekali yang
dipelajari oleh murid pada kegiatan ini, mulai dari pengalaman yang akan
didapatkan, situasi yang dialami dan juga kerjasama antar anggota kelompok yang
dibangun dalam menyusun kegiatan ini secara bersama terutama cara berkomunikasi
yang baik dan tepat sesuai dengan lawan bicara yang akan mereka hadapi di
tempat kewirausahaan daerah yang mereka pilih. Dan juga akan memunculkan
ide-ide baru lainnya dalam benak murid untuk melakukan berbagai macam
kewirausahaan kelak di masa yang akan datang.
Yang dilakukan pada saat
melakukan aksi nyata yaitu murid bersama kelompoknya melakukan :
1.
Menganalisis bersama mengenai jenis kewirausahaan
yang ada disekitar daerah tempat tinggal mereka, lalu menuliskan
sebanyak-banyaknya kemudian memilih 1 tempat yang akan mereka kunjungi bersama
2.
Menyusun pertanyaan untuk wawancara di tempat
kewirausahaan yang mereka pilih dengan petunjuk dan instrument yang diberikan
oleh guru
3.
Mengkomunikasikan dengan guru mengenai pemilhan
kewirausaan daerah dan juga rancangan wawancara yang akan dilaksanakan
4.
Murid menentukan jadwal bersama kapan waktu
kunjungan akan dilakukan bersama
5.
Murid melakukan kunjungan ke tempat kewirausahaan
daerah dengan melakukan dokumentasi melaui photo dan video selama kunjungan dan
wawancara.
6.
Murid melakukan editing video sesuai kreatifitas
mereka masing-masing dan mengirimkan hasilnya kepada guru
Alasan menyusun
program ini yaitu seperti yang sudah disampaikan pada latar belakang penyusunan
program salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan murid dalam
berkomunikasi dan juga menstimulus kreatifitas murid untuk memunculkan ide-ide
baru. Sedangkan alasan pribadi lainnya adalah agar murid dapat melihat potensi
yang ada di sekitar tempat tinggalnya untuk kemudian hari mereka dapat
menguatkan potensi yang ada di daerahnya yang dapat dikembangkan dan
dimanfaatkan untuk dirinya dan juga masyarakat sekitarnya.
Hasil dari aksi nyata yang sudah dilaksanakan ini adalah
sangat diluar prediksi saya secara pribadi karena murid sangat antusias untuk
mengerjakan program ini karena ketertarikan mereka melakukan kegiatan kelompok
bersama di luar area sekolah dengan melibatkan aplikasi editing video dan audio
yang memang sedang popular dikalangannya, mereka mengumpulkan tugas tepat waktu
dan dengan hasil yang natural dan memuaskan sesuai dengan poin-poin tujuan yang
ditetapkan sebelumnya.
Berikut link video dan juga dokumentasi program :
Link video pada youtube
untuk kegiatan pengarahan dari guru sebelum kegiatan program dilakukan :
https://www.youtube.com/watch?v=RP72IA1sC4g
Link VLOG hasil karya
murid :
https://www.youtube.com/watch?v=L21zGYBdhy4
- Perasaan
ketika dan setelah menjalankan aksi nyata
Perasaan saya
ketika menjalankan program ini adalah sangat senang tentunya karena dengan
melihat antusiasme murid dalam bertanya dan juga melihat reaksi mereka ketika
berdiskusi dengan temannya dalam melakukan pendataan tempat-tempat
kewirausahaan daerah di sekitar tempat tinggalnya, hampir semua murid
mengemukakan pendapatnya dengan semangat, murid juga selalu mengkomunikasikan
berbagai kendala dengan baik, kemudian pada saat pengumpulan hasil video
tersebut tepat waktu dan hasilnya sangat memuaskan hal-hal seperti itu adalah
pemandangan yang sangat memuaskan bagi saya selaku guru yang terkadang merasa
masih belum optimal dalam pembelajaran dan dalam hal memberikan teladan yang
baik bagi mereka, dengan melihat semangat mereka untuk belajar dan memenuhi
tugas-tugasnya itulah energy bagi saya untuk terus belajar dan memberikan yang
terbaik bagi mereka dengan terus mengembangkan kemampuan diri saya pribadi dan
juga memberikan dampak yang baik kepada rekan guru dan juga seluruh warga
sekolah demi meningkatkan mutu pendidikan.
Setelah selesai
program ini saya merasa bersemangat untuk merancang program-program sekolah
lainnya yang berdampak pada murid dengan melibatkan lebih banyak lagi unsure
dan aset sekolah.
- Pembelajaran
yang didapat
Untuk
pembelajaran yang saya dapatkan dari program ini adalah bahwa ternyata semua
murid mampu berpendapat untuk sesuatu hal yang memang mereka ketahui walaupun
hanya sedikit, yang utama adalah mereka berani mengungkapkan pendapat tersebut.
Kepemimpinan murid juga terlihat pada saat mereka mengambil keputusan untuk
memilih tempat kewirausahaan yang mereka pilih untuk dikunjungi, dalam
menentukan pertanyaan yang beragam demi mencapai tujuan yang diberikan oleh
guru, ternyata banyak hal yang bisa diasah dari anak terkait pembelajaran
berdiferensiasi juga melibatkan PSE sebagai control dan toleransi dalam
berkelompok. Keberhasilan program ini yaitu dengan murid mengumpulkan vlognya
tepat waktu dan sesuai dengan ketentuan yang sudah disepakati dan seluruh murid
merefleksikan dengan baik hasil kerja kelompoknya walaupun ada beberapa hal
yang mereka ungkapkan sebagai kendala seperti kesulitan menentukan jadwal agar
seluruh anggota kelompok dapat hadir semua, dan juga pada saat mengunjungi
tempat yang dipilihnya mereka tidak dapat bertemu pemiliknya secara langsung
hanya karyawan atau perwakilannya saja akan tetapi hal tersebut tidak
mengurangi inti dari program ini karena masih dapat terpenuhi dengan baik dan
juga ada solusi yang didapatkan untuk tetap melaksanakan kegiatan dengan
lancar.
- Rencana perbaikan
Untuk program
yang sama seperti ini akan dilakukan program perbaikan dengan melihat hasil
dari murid mungkin dari segi durasi vlog agar lebih lama dan lebih tenang lagi
tidak terkesan terburu-buru dan untuk selanjutnya akan disertai dengan sedikit
tulisan didalam vlog tersebut apabila audionya terdapat noise atau terganggu
suara-suara lain di tempat kewirausahaan yang dikunjungi, dapat juga di lakukan
dubbing atau pengisian suara yang dilakukan secara terpisah untuk
mengoptimalkan hasil vlog yang akan disaksikan oleh banyak orang sehingga orang
yang menyaksikan tersebut dapat memahami isi vlog tersebut dan dapat mengambil
informasi yang baik sebagai upaya pelestarian kewirausahaan daerah di sekitar
sekolah dan tempat tinggal murid.
Komentar
Posting Komentar