Selalu ada hal yang harus baik-baik saja


Oleh
Santi Hartini

Dengan memberikan perhatian dan sedikit kepedulian sebetulnya bisa membuat jiwa seseorang menjadi senang dan bahagia dari segi psikologis, definisi bahagia itu relatif dan kondisional.

Karena kondisi senang dan bahagia tidak akan sama untuk setiap individu walaupun dalam kategori yang sama. Rangsangan rasa senang dan bahagia berasal dari suatu cara kerja yang ada pada saraf otak manusia.

Kita merasa bahagia itu ada dalam neurotransmiter yang mengolah semua perasaan pada aspek tubuh, yang kemudian ada satu sel yang sangat kecil mengirimkan sinyal diantara saraf dan sel tubuh manusia. Dan kenapa banyak yang merasakan rasa bahagia itu berpusat pada dada, itu karena otak memberikan aliran darah menuju jantung sehingga merasakan detakan yang lebih cepat. Sedikit penjelasan ilmiah yang detailnya bisa dicari teorinya secara mendalam.

Tapi ada beberapa hal yang memang sulit dipahami, karena tidak semua rasa bisa di ekspresikan dengan baik, sesuai dengan porsi rangsangan pada otak, karena mengekspresikan rasa secara berlebihan pun akan memberikan tekanan yang terlalu banyak pada kejiwaannya. Kemudian bisa menularkan hal positif terhadap komunitas dan kedalam atmosfer tempatnya berada adalah suatu nilai yang lebih.

 Pada akhirnya....

Ada beberapa rasa harus di samarkan karena ada banyak hal yang harus dijaga.

Ada emosi yang bahkan harus diingkari hanya karena ketidaksesuaian.

 Ada beberapa hal yang harus baik-baik saja walaupun berbanding terbalik dengan emosi yang dirasa.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi