Menu buka puasa yang praktis

Oleh Santi Hartini

Memasuki bulan Ramadhan di tahun ini kita semua merasakan hal yang berbeda tidak ramai dan dirayakan seperti tahun tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan adanya wabah virus covid 19 yang menyeluruh di dunia. Tapi jangan sampai mengurangi semangat kita untuk berlomba-lomba beribadah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Ada banyak kegiatan yang dapat kita lakukan dibulan puasa Ramadhan ini, salah satunya yang paling disukai tua muda adalah kegiatan ngabuburit, yaitu kegiatan di sore hari menjelang buka puasa untuk mencari berbagai jenis makanan untuk disantap saat buka puasa. Di sepanjang jalan biasanya dipenuhi dengan para pedagang musiman yang menjajakan makanan buka puasa seperti aneka kolak, es buah, gorengan, bubur sumsum dan banyak lagi jenis makanan lainnya.

Akan tetapi kita harus berhati-hati memilih makanan untuk berbuka puasa, karena apabila sembarangan memilih makanan nanti bisa terjadi radang pada tenggorokan atau sakit perut, seperti mengkonsumsi es atau gorengan berlebihan. Karena ke-2 makanan dan minuman itu adalah yang paling populer dicari para pemburu makanan saat ngabuburit. Walaupun terkadang memang apabila sedang berpuasa kita merasa ingin mengkonsumsi segala jenis makanan yang menggugah selera, tapi kita juga tetap harus pintar memilih makanan yang sehat.

Makanan untuk berbuka selain kita dapat membelinya kita juga dapat mengolahnya di rumah, tidak usah yang sulit dan bahan yang kompleks, cukup yang mudah dan sederhana saja seperti membuat kolak pisang dengan bahan gula merah, gula pasir, daun pandan, dan pisang. Kemudian gorengan juga lebih sehat diolah di rumah bahannya pun sederhana, menu lainnya adalah sop buah atau coktail buah lebih segar dan lebih higienis disantap saat berbuka puasa. Ada banyak menu praktis lainnya di internet yang dapat dipraktekan di rumah, sekalian kita mencoba menu baru dalam mengisi waktu menjelang berbuka puasa.

@bloggerperempuan
#day16 #bpnramadhan2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi