Langsung ke konten utama

Jurnal Refleksi minggu - 11 Social Emotional Learning Pendidikan Guru Penggerak

 




Oleh 

Santi Hartini

SMPN 5 MAJALENGKA

CGP Angkatan 2

KABUPATEN MAJALENGKA


2.1.a.10.3. Jurnal Refleksi - Minggu 11

Jurnal Refleksi - Minggu 11


    Sort order is:
    No ratings
    From current diary entry to the first entry.
     User toolbar: 
    Entries per page:  out of 1 entries.

    Entry: Saturday, 24 July 2021, 8:31 PM

    Minggu ini sampai di jurnal refleksi minggu ke -11, masih pada modul 2 dan mulai memasuki modul 2.2 mengenai sosial emosional learning.

    Fact

    Pada satu minggu ini adalah minggu pertama memasuki tahun ajaran baru 2021/2022 yang masih dalam keadaan pandemi covid 19 dan minggu terakhir ppkm darurat, aturan ppkm darurat ini pun berlaku bagi sekolah dimana dilarang melaksanakan tatap muka sama sekali, sehingga kegiatan awal semester dilaksanakan daring termasuk kegaiatan mpls juga secara daring. 

    Kegiatan yang telah diselesaikan minggu ini adalah mencakup koneksi antar materi pembelajaran berdiferensiasi dalam struktur merdeka belajar dan filosofi Ki Hajar Dewantara dimana pembelajaran berdiferensiasi bertugas untuk memetakan kebutuhan belajar anak dalam menerima pembelajaran di kelas dengan strategi diferensiasinya yang dituangkan dalam RPP. Kemudian saya juga menyelesaikan aksi nyata dalam bentuk perencanaan pembelajaran yang disusun dalam RPP sesuai mata pelajaran yang saya ampu di tingkatan SMP.

    Setelah tuntas modul 2.1 saya masuk ke modul 2.2 mulai dari diri yang materinya mencakup tentang social emotional learning, saya membaca materi dan menyaksikan banyak video untuk membantu pemahaman saya di modul ini.

    Feeling

    Selama satu minggu ini saya merasakan banyak sekali kekayaan akan ilmu pengetahuan baru yang saya pelajari dan itu membuka pola pikir saya menjadi lebih bijak dan selalu melihat segala sesuatu dari berbagai persfektif. Mulai dari mempelajari konektivitas antar materi yang sudah dipelajari sehingga saya menyaadari kebutuhan siswa yang beragam itu harus difasilitasi oleh kita sebagai guru dan menambah lagi motivasi saya untuk terus berinovasi untuk siswa siswi saya, ditambah lagi pada saat memasuki materi social emotional learning ini saya sangat tertarik karena bahasan ini adalah bahasan yang saya sukai yaitu mengenai psikologi manusia, pemahaman saya sebelumnya adalah sifat dasar manusia yang sama hanya kontrol atau kendali nya saja yang berbeda di setiap individu, ada yang kontrol emosinya baik, ada yang masih belajar bahkan ada yang sudah dapat mengendalikannya dengan sangat baik dan untuk mencapai ini tidak lah mudah karena tantangan setiap individu tersebut berbeda ditambah latar belakang dan potensi yang tidak sama. 

    Finding

    Banyak hal yang saya temukan da saya rasa sangat sesuai dengan apa yang selama ini saya pikirkan. Contohnya adalah dalam teori mindfulness yang intinya adalah fokua pada kegiatan yang sedang kita lakukan dan mengendalikan emosional dengan menenangkan diri, dengan memahami beberapa kompetensinya yaitu : kesadaran diri, pengelolaan diri, kesadaran sosial, keterampilan relasi dan pengambilan keputusan yang bertanggunh jawab yang dipetakan dalam gambar berikut :

    5 kompetensi sosial emosional

    Pada gambar tersebut sudah sangat jelas semua mencakup dari pembelajaran sosial emosional yang harus di pahami dan dikuasai.

    Future

    Untuk modul 2.2 ini saya sangat berharap dapat menguasainya dan menerapkan pada diri saya terlebih dahulu khususnya tidak hanya teori nya yang saya kuasai tapi juga dapat menularkannya kepada rekan guru, warga sekolah danurid-murid saya semua dengan tahapa-tahapan sesuai yang sudah di sampaikan, karena memang pengendalian sosial emosional ini sangat penting untuk menumbuhkan rasa empati dan toleransi dengan sesama karena diri kita sendirinya sudah terkendali dengan baik dan mampu merasakan orang sekitar kita yang ada pada lingkungan dan kondisi yang sama. Sehingga saya harap jiga kedepannya dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih baik lagi dan tentunya selalu menyenangkan.

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

    Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi