Menu special Lebaran, ketupat dan ragamnya

Oleh Santi Hartini

Sebentar lagi hari kemenangan umat islam sedunia akan tiba, yaitu Hari raya Idul Fitri dimana hari kemenangan setelah 1 bulan penuh kita berpuasa Ramadhan. Mudah-mudahan kita semua sampai pada hari kemenangan itu dengan sempurna dan membawa amalan kita semua.

Dihari Lebaran nanti biasanya banyak tradisi yang berlangsung dihari itu, contohnya berziarah ke tempat pemakaman para saudara dan kerabat untuk mendoakan mereka yang telah tiada meninggalkan dunia ini terlebih dahilu dengan berharap agar doa kita dapat menerangi alam kuburnya, tradisi lainnya adalah halal bi halal bermaaf-maafan  dengan tetangga dan semua warga sekitar tempat tinggal kita dengan bersalaman, kemudian tradisi mudik bagi para perantau yang berjauhan dengan orang tua untuk hari Lebaran ini pulang untuk bertemu dan merayakan hari Lebaran bersama akan tetapi untuk tradisi yang satu ini sekarang dihimbau untuk tidak dilakukan karena kita semua sedang mengalami wabah virua corona yang menjangkit seluruh dunia untuk memutus siklus hidup virus tersebut.

Dan yang paling disukai saat Lebaran adalah santapan khas Lebaran, yang identik dengan ketupat sebagai menu utamanya yang bisa di kolaborasikan dengan opor ayam atau gule sapi sebagai kuahnya, ditambahkan kacang, tauge , ayam suir dan bawang goreng sebagai topingnya. Semua masakan ini akan terasa berbeda apabila dimasak oleh orang tua sendiri dan dinikmati bersama-sama keluarga akan terasa lebih nikmat karena suasana yang hangat yang jarang kita temukan sehari-hari dimana kita disibukan dengan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari lainnya.

Selain menu utama yang paling disukai adalah aneka ragam kue kering yang tersaji, mulai dari kue keju, putri salju, nastar, kue wafer dan kue kaleng lainnya, ataupun banyak sajian kue khas daerah contohnya kalau di daerah saya seperti raginang, opak dan rempeyek.


@bloggerperempuan
#day23 #bpnramadan2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

Modul 2.3.a.5 Coaching - Ruang kolaborasi