1.2.a.10 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak - Pendidikan Guru Penggerak

 

Oleh 
Santi Hartini
Guru SMPN 5 Majalengka
CGP Angkatan 2
Kabupaten Majalengka

Pemenuhan tugas Modul 1.2.a.10 Aksi Nyata Nilai dan Peran Guru Penggerak

Alhamdulillah pada dapat menuntaskan Modul 1.2 mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak selama satu bulan ini. Dan aksi nyata adalah tahapan terakhir kesimpulan, pemahaman dan implementasi mengenai nilai dan peran guru penggerak yang telah dipelajari. Semakin dipahami dan ternyata menyenangkan untuk di implementasikan dengan berkomunikasi dengan baik dengan seluruh pihak yang terkait di sekolah tidak hanya siswa ternyata menjadi pondasi untuk mewujudkan step by step pembelajaran yang berpihak pada siswa. Komunikasi dan kerjasama yang baik akan membangun ekosistem dan atmosfir yang baik pula untuk seluruh pihak, terutama untuk siswa itu sendiri.

Setelah memahami poin demi poin nilai dan peran guru penggerak, dengan sendirinya muncul banyak ide dan gagasan baru untuk membantu pembelajaran berpihak pada anak untuk mewujudkan profil pelajar pancasila. Contohnya adalah dengan semakin membenahi cara berkomunikasi dengan rekan guru dengan tidak memilah-milah setiap guru untuk menularkan pemikiran Ki Hajar Dewantara ini sedikit demi sedikit sesuai karakter guru yang kita ajak diskusi, juga membangun komunikasi dengan orang tua siswa secara berkala agar bersama-sama membimbing anak agar memiliki karakter yang lebih baik sesuai profil pelajar pancasila, tak lupa dengan siswa juga selalu membangun chemistry yang baik dan nyaman agar anak lebih terbuka, selain itu juga dengan para penjaga sekolah, tata usaha dan semua karyawan non guru yang ada di lingkungan sekolah juga selalu membangun komunikasi yang baik. Dan masih banyak ide lain untuk mengajak para guru agar mau untuk maju dan semangat untuk terus belajar. Saya membuat catatan-catatan khusus untuk membantu proses pembelajaran yang berpihak pada siswa diluar administrasi pembelajaran yang wajib dimiliki oleh seorang guru, untuk membantu saya dalam melakukan evaluasi dan tindak lanjut serta untuk melakukan perencanaan, pelaksanaan dan refleksi pembelajaran selanjutnya yang tentunya berkesinambungan dengan pembelajaran sebelumnya.


Dalam proses pembelajaran sendiri saya melakukan pembelajaran kombinasi daring dan luring dengan menyesuaikan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki setiap siswa, saya memberikan beberapa pilihan kepada siswa untuk memenuhi tugasnya dengan kreasi masing-masing tanpa keluar dari koridor kurikulum yang telah ditentukan oleh pemerintah. 

Testimoni guru dan siswa dapat dilihat pada link di bawah ini : 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Modul 2.2.a.5 Ruang Kolaborasi Pembelajaran Sosial dan Emosional Pendidikan Guru Penggerak

MODUL 3.3 EKSPLORASI KONSEP - PEMIMPIN PEMBELAJARAN DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH